jump to navigation

Tabel Kabel Mei 21, 2007

Posted by bayupancoro in bayu pancoro, electric, Electric fo Dummies, listrik.
trackback

About these ads

Komentar»

1. sky - Februari 22, 2008

pak saya mau nanya?
saya akan melasanakn instalasi untuk motor-motor listrik.
tolong gimana rumus untuk menghitung besar diameter kabel.
terimaksih atas bantuannya.

liston setiawan - Desember 2, 2011

pak saya mau tanya?
saya akan memasang kabel untuk instalasi motor-motor listrik dari GENSET.
dengan rincian: daya genset 450 KVA
Panjang kabel 450 meter
Berapa diameter kabel yang kami harus pakai
tolong diberikan rumusnya
serta bila memakai kabel ukuran 4 X 300 mm, apakah akan terjadi kerugian/kehilangan tegangan.
terimakasih atas bantuannya

balas

ali rachmad luberry - Maret 27, 2013

tolong bales pertanya,an bapak liston setiawan…pertanyan pak liston sama dengan saya….tolong di jelaskan..thanks…

yoto sugiarto - Maret 27, 2013

ikut komentar, rugi rugi listri sebenarnya pasti ada dalam setiap instalasi, rugi rugi listrik dominan pada instalasi yang tidak sesuai ukuran, karena energi akan terbuang menjadi panas,

http://esugitama.blogspot.com/search/label/TABEL%20KABEL%20TEMBAGA

Berhand Siregar - Maret 31, 2013

ok pak saya berhand siregar akan bantu untuk menjawab pertanyaan bapak. dengan spesifikasi yang telah bapak berikan , saya dapat simpulkan bahwa untuk beban genset 450 KVA dengan jarak 450 meter , bapak hanya membutuhkan luas penampang kabel sebesar A= 287,155mm saja pak. karena ukuran ini tidak diproduksi bapak dpat menggunakan A=300mm. ukuran ini sudah sangat memadai dengan beban genset yang bapak miliki. terima kasih

2. Badai - Februari 28, 2008

pak saya sudah nyari besar ampere untuk motor ekstrusi, trus dapet ampere motornya sebesar : 687,2 dalam In (In dalam PUIL adalah besar arus yang masuk k mesin) sedangkan dalam PUIL motor sangkar (induksi) In dikali 250% (faktor pengali dalam PUIL) baru didapat besar amper yan diperlukan mesin ekstrusi tersebut untuk bekerja sebesar 1718 ampere,

nah itu bagai mana pak? koq gak sesuai dengan tabel yang mas lampirkan??

kalo emang ada teori lain yang mendukung tolong jelaskan.. terima kasih..

Berhand Siregar - Maret 31, 2013

ikut dikit komentar ya pak. Untuk tabel diatas menurut saya sudah benar. tabel diatas dapat digunakan apabila Istart motor tidak diketahui berapa X ( kali ) In nya. Bila Istart motor tidak diketshui maka In motor Dikali 125%.Maka hasilnya dapat dikonversi menjadi luas penampang kabel dengan tabel diatas.Terima Kasih

3. anto - November 13, 2008

sebelumnya salam kenal,nama saya anto saya seorang pedagang dan sedang ada masalah dengan elektrik motor saya, saya punya motor elektrik 75KW dan d hubung dgan power bintang segitiga dengan memakai kontaktor masalah saya adalah berapa luas penampang kabel untuk hubungan bintang segitiga dan aman terimakasih
salam kenal

###
Kabel ada dua ukuran yang line input dan line motor, ukuran beda.

4. deck - November 26, 2008

pak tolong aku di gambarkan wairring control DOL yang putaranya di atur timer .
liesnya
1 selector swit
1 pust buttom no
1 pust buttom nc
1 relay ly 2 220 v
2 timer omron h3cr
terima kasih pak sebelum nya ?

##
Sorry, ga ngerti maksudnya. Maksudnya Reversing ? Rangkaian DOL sdh saya attach dil DOL Starter.

5. paijo - Desember 18, 2008

matur nuwun. tabelnya membantu proses belajar nyetrun

6. ady - Januari 7, 2009

Mas saya minta tolong bagaimana penentuan ukuran plat bus bar bila kita hendak mengganti kabel dengan bus bar (konversi diameter kabel ke bus bar)

7. aby - Januari 7, 2009

speck penampang

bayupancoro - Januari 8, 2009

Kabel dengan luas penampang, bukan diameter.

8. ween - Januari 24, 2009

pak saya mau tanya, bagaimana rangkaian start star-delta dengan menggunakan remote control.
terima kasih sebelumnya….

bayupancoro - Januari 26, 2009

Ma’af, untuk aplikasi bagaimana? Remote wireless, Remote dengan jarak jauh, atau bahkan dengan HP ?? Banyak alat bantu semisal PLC atau wireless controller yang bisa di search di om Google.

Djatie - Maret 3, 2012

kontrolernya mungkin bisa menggunakan atmega/pic yang digabungkan dengan shield wireless

9. helmi - Februari 12, 2009

Pak Bayu, Saya akan buat design panel untuk UPS 20 KVA, memakai Isolation Transformer dan MCCB untuk user 16 A 1 Phase, bagaimana gambar rangkaiannya? berapa MCCB 16 A 1 phase yang bisa saya gunakan untuk UPS 20 KVA? berapa ukuran kabel dari incoming sampai user? Tolong bantu ya pak

10. I Kadek Periawan - Februari 16, 2009

tolong berikan rumus untuk menentukan luas penampang label untuk motor 3 phase 39 A, 380 V jarak 25 meter

11. I Kadek Periawan - Februari 16, 2009

tolong berikan rumus untuk menghitung faktor langkah dan faktor distribusi untuk belitan motor 3 phase konsentris

12. annes - April 2, 2009

Pagi Mas…
thanx ya atas tabel kabelnya,ini bisa membantu,tetapi saran dari saya informasi yang diberikan pada tabel kabel masih kurang,karena saya tidak tahu apa jenis kabelnya jenis single core atau multi core dan jenis tembaga atau alumunium…
tapi informasi yang lain sangat membantu…
Maturnuwun…

13. donny - April 9, 2009

Siang Pak..
Terima kasih sebelumnya pak, forum ini sangat membantu.
Saya ada pertanyaan, untuk menghitung berat tembaga dan berat kandungan pvc gmn caranya? Sebagai contoh disini kita pake NYM 2X1,5.

14. komang - Mei 3, 2009

Selamat siang pak,

Saya mau bertanya. Saya sedang install genset 400 kva dan 300 kva. Berapa ukuran kabel yang ideal dari genset ke main panel ? Sebaiknya MCCB berapa ampere yang digunakan di main panel?

Terimakasih.

Bambang Sunaryo Wisnu Putro - Januari 20, 2010

ya harus diketahui dulu load-nya berapa, baru nantu ketahuan diameter & ampacity kabel.

15. adit - Juni 8, 2009

Pa Mo tanya apakah motor 1phase bisa menggunakan system DOL, dan apakah motor dibawah 1kW harus menggunakan DOL juga?

>> Harus ?? Tergantung kebutuhan, yang jelas ga bisa Y-D kan he..he…he.
Pake MMC aja atau MCB juga ga papa.

16. multiscience - September 7, 2009

[...] [...]

17. inunk - Oktober 8, 2009

pak saya mau nanya?
saya akan melasanakn instalasi untuk motor-motor listrik.
tolong gimana rumus untuk menghitung besar diameter kabel.
terimaksih atas bantuannya.

18. hendra - Oktober 12, 2009

pak saya mau nanya

bagaiman cara menentukan konversi (rumus) antara kawat email, karena saya punya problem di email, electro motor terbakar diameter kawat aslinya 2.8 mm. apakah bisa saya ganti dengan kawat email yang ukuran 2 mm+ 0.8 mm = 2.8 mm.

mohon bantuanya pak

terima kasih banyak

Bambang Sunaryo Wisnu Putro - Januari 20, 2010

liat di artikel sepertinya ada tabel Convertion Cable

19. gery - Oktober 12, 2009

Mas punya wiring diagram Ats sederhana ndak? tolong dikirim ke email saya trims…

20. ribowo - November 11, 2009

siang pak,say minta tabel pengantian diameter kawat email pada motor induksi 3 phase.trimakasih..

>> Sorry. Saya nggak punya tabelnya. Trims

21. Andry - November 27, 2009

saya ada mas buat wiring diagram ATS tapi belum sampai sinkron ke PLN baru tahap pemikiran lebih lanjut. kalo mau silahkan email. tapi tetap ada UMR untuk biaya mikir & hasil karya. MAU..????

22. Andry - November 27, 2009

rumus penampang kabel:
Q= (1,73x I x L x Cos Q) / (Rho x Delta V)
dimana =
I = Arus beban (Ampere)
L= Jarak beban (Meter)
Rho= 0,0175 Ohm.mm/ Meter. pada suhu 20′C
Delta V= Jatuh tegangan yang di inginkan (Volt)
semoga bermanfaat.

reza - September 24, 2010

mas bisa dikasih contoh soal plus jawaban..??
trima kasih banyak.

firman - Maret 12, 2012

impossible

23. febriyaldi - Januari 9, 2010

pagi mas…kita suply power dari A ke B jarak 1,5 Km…dengan kabel 4x16mm..tegangan yang diinginkan 3 phase…220 volt..tidak stabil….itu permasalahanya…..///solusinya kita akan buat tarikan kabel baru dari A ke B jarak 1,5 km..sumber power 20 KV…..pertanyaan ?.berapakah luas penampang kabel yang di pakai ?.trafo yang kita gunakan 200kva….terus apakah sulusi ini bisah terpecahkan….masalah diatas….terimahkasih

>> Emmm, masalah drop voltage. Harus tau beban berapa KW, besar arus sangat mempengaruhi tegangan jatuh. Solusi salah satu terbaik ya seperti itu, dengan power tegangan lebih tinggi sehingga rugi daya semakin kecil. Hanya mahal di ongkos ya?? ( mesti beli travo). Luas penampang kabel ya tinggal disesuaikan dengan kapasitas beban, berapa amp . Trims

firman - Mei 22, 2012

waduh ini juga yang mau saya tanya permasalahan kt hampir mirip mas feb..
sekarang gemana ya??
apa ka udah ada solusi terbaiknya kalo ada saya mintak bantuanya n infonya mas feb trims

24. nanang - Februari 16, 2010

salam
Mas saya mau nanya, saya akan pasang AC 2 PK. sebanyak 6 Buah. jarak antara panel distribusi induk sampai keruangan yg akan saya pasang AC 270mtr kira2 kabel twissted ukuran berapa ya yg layak saya pakai.?
rencana saya mau pakai kabel twissted aluminium.4 X ? terimakasih atas bantuannya.

25. tono - Maret 16, 2010

mas ada tabel kawat email untuk stator motor ga?

26. Hasan - Maret 31, 2010

Salam kenal Pak Bayu.
Saya Hasan dari Palembang, mau menanyakan bagaimana rumus menghitung Jumlah lilitan kawat dan diameter kawat untuk elektromotor 3 phase yang kosong. Data apa saja yang diperlukan?

27. Hasan - Maret 31, 2010

Salam kenal Pak Bayu.
Saya Hasan dari Palembang, mau menanyakan bagaimana rumus menghitung Jumlah lilitan kawat dan diameter kawat untuk elektromotor 3 phase yang kosong. Data apa saja yang diperlukan? terima kasih.

Abel Monteiro - Agustus 31, 2010

salam kenal pak Bayu.
Saya Abel dari Timor Leste, mau menyanyakan bagaimana cara menentukkan penampang kabel listrik, apabila bebannya sudah di ketahui.
Data apa saja yang diperlukan ? terima kasih.

28. Hasan - Maret 31, 2010

Apakah ada softwarenya? tq

29. Ryan - April 14, 2010

http://www.myelectrical.com/pages/cables/cableSizing.aspx
mungkin bisa membantu..

>> Trims atas info link nya.

30. eeng - April 24, 2010

salam kenal .saya lagi nyari rumus menghitung kapsitas kabel.thanxz untuk bantuanya..

31. airul - April 29, 2010

saya sering borong kabel bekas tapi jarang sesuai taksiran berat tembaganya saya minta tolong sama bapak untuk rumus mengetahui berat tembaga dalam kabel permeter terima kasih

32. SOBARUDIN - Mei 23, 2010

PAK MAU TANYA BERAPA UKURAN KAWAT LILITAN MOTOR LISTRIK 3 PHASE UNUK MOTOR 250 KW

33. achmad thoyib - Mei 31, 2010

pak,saya mau tanya berapa nilai R1,R2,X1, & X2.motor induksi 30 HP dgn 60 hz,2 phole, dan 3600 rpm.cuma R2 yang blm saya dapat,klu ada data/tabel motor tersebut tolong dbalas y pak.terima kasih sebelumnya.

>> Sorry ga bisa bantu. Ada yang bisa … ???

34. tri haryono - Juni 29, 2010

sala kenal pak bayu, saya ingin bertanya bagaimana cara menghitung breaking capacity dari sebuah breaker?
trims..

35. sandika sunarko - Juli 10, 2010

Pak, saya bertanya :
1. Apa perbedaan MCB dan MCCB
2. dapatkah MCCB 3 phasa dipasang untuk 1 Phasa, jika dapat
bagaimana cara memasangnya ? bolehkah saya pasang pole
pertama untuk phasa, pole ke tiga untuk netral (massa) ?
3. Adakah alat yang cara kerjanya mirip Kontaktor ada NO (normally
open) dan NC (normally Close) , tetapi tidak seberisik kontaktor ?
alat ini akan saya gunakan untuk mentransfer daya dari PLN atau
dari Genset ditransfer ke instalasi rumah tangga ?

yoto sugiarto - Maret 23, 2012

pakai SSC pak, ( solid state contaktor ) di jamin tidak bersuara, cos menggunakan sistem thyristor atowe SCR.

boleh sare link pak ?

esugitama.blogspot.com

36. Mahmud Irfandy - Juli 20, 2010

Pak saya mau nanya ada ga hubungan antara luas penampang kabel, panjang kabel dengan kapasitas beban maksimum kabel tersebut. Klo emang ada boleh saya tau rumus yang menjelaskan hubungan tersebut g pak? Tolong dibalas ya pak, penting untuk pekerjaan saya. Terima kasih banyak.

>> Ya jelas ada hubungannya, untuk itu ada pemilihan ukuran kabel. Impedance, Resistance. Trims

37. One Tho - Agustus 5, 2010

Mau tanya nih soal kabel jenis NYY.
Ada gak ya untuk kabel diatas dengan ukuran/type 16mm x 4 +g.
Kalo ada kira-kira bisa saya beli dimana ya?
Kebutuhannya sih nggak banyak cuma 40 meteran aja.

NYY 4 X 16 + G ??? Wah ga pernah nemu spek gini.

budi - Januari 31, 2013

tipe ky gtu kya nya ga ada mungkin itu plus grounding

38. SIGIT SETIAWAN - Agustus 21, 2010

PAK TLG DONG MINTA RUMUS SEDERHANA UNTUK MENHITUNG DIAMETER PENAMPANG KABEL YANG SESUAI UNTUK PENGGUNAAN BEBAN DAYA 2500W, 220V DAN JARAK DARI PANEL DISTRIBUSI KE BEBAN SEKITAR 100 METER

39. Ganefio - September 8, 2010

Tolong tanya Pak,
Sebenarnya beda kalau pakai MCB atau pakai MCCB terutama jika dikaitkan dengan penggunaan sebagai circuit breaker dimana arus nominalnya maksimum cuma sekitar 25A tiap fasa (daya 16.500 VA).
Apa benar MCB induknya HARUS pakai MCCB tidak boleh MCB, sekedar tambahan kami tidak ada beban yang murni harus disupply pakai tegangan 3 phasa.
Terima kasih sebelumnya atas tanggapannya.

40. zaeri - September 23, 2010

slamat pagi.
pak mau tanya berapa ukuran kabel yang aku pakai untuk kebutuhan 89 kwatt.?
dan masing masing2 mesin
35 kw ukurAN KABEL?
25 KW – “- ?
2.2 KW -”- ?
TRIMS

41. andhika - November 4, 2010

salam kenal……mas tolong donk kirim ke email ku rangkaian ats sederhana untuk genset, trim’s

42. WIFHKAL - November 19, 2010

pak tolong minta rumus diameter kabel dan maximum ampere yang disarankan TRIM,S

>> Sepertinya ga ada rumus. Yang perlu diketahui adalah pemilihan kabel untuk suatu aplikasi. Trims.

43. dawal mangera - Februari 9, 2011

gan ..gini gua butuh nih…tabel kawat pengganti untuk gulungan yang menggunakan beberapa kawat email dalam satu kali menggulung.contoh dalam gulungan trsbt ada 4 lembar kawat email nah dalam hal ini jika ingin diganti dengan ukuran penampang yang lain gimana crx dengan mengubah penampang yang aslix.intix gua butuh tabel persamaan kawat email.

44. Oyep dilahat sumatera selatan - Februari 17, 2011

Mlm pak,prekenal kan nama saya oyep.yang mau saya tanya akan.,, bagaimana rumus cara menghtung dinamo 3 pasah yang kosong

>> Sorry ga bisa bantu. Ga punya refference.

45. PAITRO - Februari 22, 2011

PAK SAYA PUNYA DIAMETER KABEL 400MM NAH DDENGAN DIAMETER 400MM BAGAIMANA SAYA DAPAT MENGHITUNG LUAS PENAMPANG KABEL TERSEBUT??

>> Pak, tolong diperiksa lagi kabelnya. Hampir semua yang jual kabel nggak ada yang jual dengan ukuran diameter, yang ada juga luas penampang. Demikian juga yang tertulis di kabelnya. Trims

Dedy - Oktober 31, 2011

Bisa dicari pakai rumus luas lingkaran

A = phi x r2 dimana phi = 3.14 dan r2 = diameter

46. TAUFIK - Februari 24, 2011

BOOS MU TANYA BATAS MAKIMAL KEKATAN CABLE NYY 4X10mm,SUPREME berapa AMPERE YA..THX

Agung Puasatrio - Desember 10, 2013

Sebaiknya teman-teman baca PUIL – 2000
(Persyaratan Umum Instalasi Listrik)

47. Ahmad - April 17, 2011

gan ane numpang bertanya itu kabel tipe apaan,
Numpang nanya gan, buat kabel tanah tipe N2XSEYFGbY nilai reaktansinya perkilometernya berapa ya?
ane dah nyoba nyari gak ketemu2. makasih gan

48. vian sarmud - Mei 13, 2011

lam kenal….. mas aq minta bantuan wirring diagram untuk rangkaian panel sederhana menggunakan janset 100 kva untuk pemakaian ac 15 pk sebanyak 15 ac. juga tlng di lampirkan berapa ukuran kabel power dari jenset ke panel tsb…… trims klo bs di bls cpt ke email mas…..

49. fajar antonius - Mei 25, 2011

Bagaimana cara mengitung lilitan dinamo mesin air

50. yakob - Mei 26, 2011

saya punya genset 18 kw tapi jarak dari genset ke panel box (power yg di gunakan) 150 meter, sementara total load 15 kw, bagaimana cara menghitung diameter kabel yang di gunakan dari genset ke panel box,
trimakasih

51. yakob - Mei 26, 2011

cara menghitung ampere,watt dan voltase

52. Galih - Juli 7, 2011

bagaimana standar kabel grounding untuk instrumentasi pak? (standar meliputi dari bahannya apa, ukuran diameter kabelnya berapa, resistansinya berapa, luas penampangnya berapa) klo ada referensi online-nya mohon minta bantuannya, sangat butuh informasinya pak. terima kasih sesudah dan sebelumnya pak. :D

53. lilik yulianto kesumatek - Agustus 6, 2011

maaf pak saya baru belajar… bagaimana rumus menentukan deameter kawat yg akan dipakai dan menentukan jumlah lilitan pada dinamo penggerak 1 phase dan 3 phase, dan bisakah 3 phase dirubah ke 3 phase, bagaimana caranya? tlg ke email saya, makasih sebelumnya.

54. burhan - Agustus 21, 2011

mau tanya harga kabel twisted 2x10mm – 16 mm s/d 4 x16mm dan kabel lvtc dari 3×35 + 25 sampai seterusnya

55. mintur - Agustus 29, 2011

selamat sore pak,nama saya Mintur dari klaten jateng,mau tanya teori gulung ulang dinamo penggerak 125w, berapa? lilitan setiap kumparan. MATURNUWUN SAK DERENGE

56. randy - September 6, 2011

bagi yg mau service deepsea 704 silahkan hub. saya
email; asslam84@ymail.com
harga promosi biaya service murah meriah.

57. muhamad lurfi - September 18, 2011

dinamo listrik autput untuk 220 berapa macam kabel berapa gulungan,berapa ukuran kabel

58. Hendra - Oktober 12, 2011

Pak,tolong kirimkan gambar rangkaian start delta,saya mau mempelajarinya makasih ya..pak

59. HERI - Oktober 14, 2011

Pa tolong kirimkan rumus atau tabel untuk menentukan penampang kabel 20 KV,selama ini untuk menentukan penampang kabel 20 KV belum jelas,makasih pa.

60. HERI - Oktober 14, 2011

Pa tolong kirimkan atau tabel untuk menentukan penampang kabel 20 KV.email.heri.tsrt@gmail.com

61. Wong Kendall - Oktober 16, 2011

mas mau tanya cara menghitung besar dan jenis kabel dalam suatu ruangan

62. azrizal - November 2, 2011

bagus

63. arief sanjaya - November 2, 2011

pak minta rumus perhitungan gulung motor listrik AC dan kasih contoh perhitungannya?????………

sebelumnya trima kasih atas jawabannya…

64. sutejo - November 6, 2011

Saya mau nanya, 630 KVA brapa diameter kabel yg d pakai dan tipe kabel?

65. denden - November 14, 2011

apakah tambah daya 2200 ke 5500 satu phase berapa penampang kabel yang dibutuh kan sedangkan ditempat saya ukuran kabel 4mm apakah standart atau harus ganti kabel

66. ANDHI PRASETYO - Januari 6, 2012

Pak , saya mau pasang genset 2x250kva,1x60kva syncro system.brp ukuran kabel masing2x dan dari
Panel Syncro ke MDP nya brp dng spec cabel yg bi
aya murah,dan aman.
Tlng juga ukuran kabl untuk 60hp,50,40,30,20,10hp
Terima kasih.

67. sulkan - Januari 15, 2012

Untuk teman-teman electrician lebih jelasnya download software “electric calculation”, software ini gratis tanpa bayar..MUDAH2AN BISA BANTU SEDIKIT

68. ilham - Februari 28, 2012

terima kasih atas tabelnya…tapi saya mau tanya lagi….itu tabel untuk busbar import,sedangkan untuk busbar lokal…bagaimana?

69. rahmat - Maret 5, 2012

selamat siang pa..nama saya rahmat….ada beberapa yang saya ingin tanyakan mengenai listrik antara lain :

1. cara hirung kebutuhan kabel listrik
2. cara hitung kebutuhan genset pada rumah
3. cara hitung amper ke kva

oya pa.kalo memang sempet saya minta disertai dengan contoh dan rumus hitungannya….maklum pa saya bukan anak terpelajar tapi saya mau belajar….terima kasih ya pa….

saya tunggu jawabannya : triyadirahmat@yahoo.co.id

70. aryarta - Maret 9, 2012

slamat siang pak, sya arya,
mw nanya
Cara menentukan diameter kabel dan jenis kabel yang dipake bagaimana ya pak?
untuk tranfo distribusi 20kV
hal apa juga yg diperhatikan dalam pemasangan Trafonya,
tlong jawabannya di email ke inyomangedea@yahoo.com
terima kasih n smga makin sukses.

71. yoto sugiarto - Maret 23, 2012

salam kenal pak bayu,
boleh gabung?
mau numpang share saja pak, saya punya usaha pembuatan / perakitan panel listrik PLC dsb. apa Bapak punya usaha panel listrik juga siapa tahu kita bisa kerja sama, trims

72. Roelli suparman - April 12, 2012

Yth. Bayuponco.
mohon bantuannya untuk cara (rumus) menghitung diameter kabel yang dibutuhkan seperti berikut:
saya mau pasang mesin dayanya 100 KVA, jarak mesin ke trafo 75 meter, tegangan sumber 380 V. berapa besar diameter kabel yang harus dipakai.
atas bantuan di ucapkan terima kasih.

73. Rofiq - Mei 25, 2012

Berapa luas penampang kabel untuk instalasi motor listrik 200 KW dengan jarak 3,5 km, star-delta?

74. Andry - Juni 16, 2012

Siang pak mau tanya,, Sumber KHA kabel iti dari sumber apa??
Trs perbedaannya apa nilai tahanan isolasi kumparan elmot antara kondisi baik dan kondisi rusak,,, trima kasih..
Tlg diemail ato bls d sni yaa…
email : andrysasmito@gmail.com

75. nizar - Juni 23, 2012

pak mau nanya?
apakah tabel yang di atas nilai tahananya untuk semua jenis kabel?

76. chikaduli munthe - Juli 30, 2012

Pak mau nanya??
bisa berikan spesifikasi untuk kabel NYY serta beserta tegangan volt nya??
terima kasih pak, tolong jawabannya di email ke chika_duli@yahoo.co.id

77. Ayi - Agustus 1, 2012

Gimana sih pertanyaan banyak sekalhi satupun tak da yang di jawab

78. kelly - September 13, 2012

Sy mau pasang genser dgn daya 350kva 500kva, berapa ukuran kable yang harus saya beli,

79. Abel Monteiro - Desember 3, 2012

Saya akan pasang instalasi listrik di sebuah gedung olah raga, maka saya sangat membutuhkan rumus penampang kabel dan conroh soal untuk menghitung ukuran dan kerugian tegangan dalam setiap 50 meter

80. lijen - Desember 15, 2012

gimana rumus menghiung jumlah lilitan untuk setiap elektro motor

81. muchles - Januari 8, 2013

pak bagaimana cara menghitung atau cra menentukan jarak antar groungding yang ada di trafo dan bagaimana cara mengitung hasil kopelan antar grounding yang belum memenuhi nilai yang di tentukan

82. trued - Januari 17, 2013

jldshghrbhguhwcb hghcvtywehdyueqhwugyugqbvfhwcs

83. rico - Januari 28, 2013

pak saya mau nanya,generator 3 phase,64kw,angker sdah d gulung,spul blok sdah d gulung,tp daya yg kluar tdk mampu menghidup kan lampu robot merkury yg 1500 whatt,sebanyak 30 bola lampu,mesin diesel nya berat.tlong kasih pnyebab nya pak.terima kasih atas bantuan nya.

84. Leoma - Juni 10, 2013

ają dość plugawej bestii dodatkowo Mercedes-Benz (Leoma)
entuzjastycznie przywieją
przed królewskim gniewem każdego, kto miasteczko od niej uwolni.
Chociaż fuks poseł zarzekał się, iż
owo prawdziwość, jak i również
jakiemuś uprzednio ustalone, jakieś.

85. Laal Marzuki - Juni 19, 2013

Salam
Bos…..Sy punya dinamo blom disambung, tipe EP TZ23 dengan kabel 6, merah,biru,hitam,kuning,putih 2,dan coklat. kalo di sambung ke listrik 220v bisa gak ya…? di tunggu informasinya dan terimakasih.

86. chicago web design companies - Juli 16, 2013

Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it.
Look advanced to more added agreeable from you! However, how could we communicate?

87. tio - Oktober 25, 2013

ada yg butuh ATS (auto Transfer Switch)? digunakan utk start – stop genset apabila supply dari PLN padam…

88. iyan - Februari 15, 2014

pak saya mw tanya, jika kabel NA2XSEBY teg 30 kV, untuk mencari perhitungan diameter konduktor nya seperti apa y pak, agar mampu menerima beban 20.000 kVA ?

89. irfan amsi - April 22, 2014

pak boleh minta tolong dikirimi gambar cara buat panel ATS kapasitas genzet 1250 kva


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: