jump to navigation

ELEKTRO MOTOR PROBLEM (3 PHASE) Juni 4, 2007

Posted by bayupancoro in bayu pancoro, electric, Electric fo Dummies, listrik.
Tags: , , ,
trackback
Apa yang menyebabkan elektro motor terbakar, korslet, putus atau njebluk ?? Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan terbakarnya sebuah elektro motor (selanjutnya disebut elmot), Overload, Single Phassing, Bearing Problem, Terkontaminasi, Rotor Problem, Usia Pakai dan lain lain. Beberapa symtom tersebut akan menimbulkan efek perubahan arus yang mengalir dan “PANAS” bila hal itu terjadi, seperti Overload dan Single Phassing.
Panas ini akan berpengaruh langsung dengan insulasi motor yang mengakibatkan short dan terbakar.Panas juga juga berpengaruh dengan usia elmot. Jika sebuah elmot beroperasi 10 deg C diatas operating temperature, maka usia elmot akan berkurang 50%. Untuk menghindari problem tersebut digunakan elmot protection yang berupa fuse, thermal overload relay (TOR/OCR) yang banyak dipakai dan motor protection jenis lain.
Single Phassing
Single Phassing atau Phasseloss berarti salah satu dari 3 line supply terputus. Kondisi phaseloss merupakan keadaan terburuk dari unbalance voltage.Jika elmot beroperasi saat terjadi phaseloss, ia akan terus berusaha berputar dengan daya yang sama untuk memutar beban. Elmot akan terus berusaha memutar beban sampai motor terbakar atau starter TRIP !
Penyebab terjadinya phaseloss adalah sbb :
1. Loss kontak pada starter (MCCB/NFB, Contactor atau terminal).
2. Thermal Overload relay yang terputus salah satu fasanya.
3. Salah satu fuse terputus.
Jika terjadi phaseloss maka, dua phase yang lain akan dialiri arus setidaknya 1.73X dari arus normal(silakan dihitung dengan persamaan star-delta). Misal untuk elmot dengan aplikasi ringan dibebani 70%, saat terjadi phaseloss arus akan naik menjadi 120% FLA. Misalkan setting overload pada 125% FLA maka “SAY GOOD BYE” pada elmot tersebut.
Voltage Unbalance
Jika tegangan diantara tiga phasa adalah sama, arus yang mengalir akan sama pula disetiap phasanya. NEMA standart merekomendasikan untuk elmot dan generator maksimum unbalance tegangan adalah 1%.Saat terjadi unbalance, arus elmot akan naik dan jika berjalan terus menerus elmot akan terbakar.
Batasan 1% tersebut bisa diatasi dengan menurunkan beban elmot. Jika beban elmot diturunkan maka toleransi unbalance tegangan bisa lebih longgar.
* Saat Unbalance 1%, penurunan beban menjadi 98 %
* Saat Unbalance 2%, penurunan beban menjadi 95 %
* Saat Unbalance 3%, penurunan beban menjadi 88 %
* Saat Unbalance 4%, penurunan beban menjadi 82 %
* Saat Unbalance 5%, penurunan beban menjadi 75 %
Unbalance tegangan bisa disebabkan beberapa hal berikut :
1. Beban Single Phase yang tidak seimbang di setiap phase.
2. Jaringan Delta terputus.3. Terjadi phaseloss di trafo.
4. Tap setting trafo yang tidak tepat.
5. Power Faktor Corecction tidak sama atau off-line.
Adapun untuk mengetahui unbalance tegangan sebagai berikut:
1. Hitung tegangan rata -rata.
Vtot = (Vr + Vs + Vt)/3
2. Cari selisih terbesar antara tegangan rata-rata dengan tegangan line.
Vd = V – Vtot
3. Unbalance % = (Vd/Vtot) X 100%
(Dicuplik dari Cooper Bussman)
About these ads

Komentar»

1. bentar - Februari 16, 2008

Ada penjelasan detail ttg Trafo 3 phasa gak?…
please gw lg butuh

2. irwansyah - September 29, 2008

Tolong dong diulas cara rewinding elektromotor 3 phase putaran 1500 rpm dan 3000 rpm

3. Hendra - Oktober 25, 2008

Bang,

Aku pengen bisa nentuin besarnya diameter kabel* yang di butuhin tanpa harus ngeliat tabel, gimana ya ? Punya rumusnya kan ?

please help me…!!! Aku tunggu lho !

Thx b4

Ahen Bdg

* NYM or NYY

4. aan - November 13, 2008

ada gambar skema start stop motor induksi 3 phase ga?
yg pke lampu indikator run stop n foult. ane btuh ne.
kl blh krim k imelku yia……
thanx before

##
Dipostingan terakhir ada link wiring diagram DOL starter, di softstarter-2 juga ada, lainnya menyusul. Ssilakan ambil sendiri yach !

5. Nanang Smart TBK - Desember 7, 2008

tolong minta cara rewinding motor induksi putaran 3000 alur 36, disertai rumus perhitungan dan gambarnya

bayupancoro - Desember 9, 2008

Wah.. maaf ngga ada referensi…

RIAN Y - Mei 13, 2010

PAK NANANG.GMANA RUMUS REWINDING ELMOT

6. dedi - Desember 19, 2008

MOHON PENCERAHAN

maaf agak keluar jalur artikel
untuk efisiensi motor:
apakah motor dengan horizontal mounted dibandingkan vertikal mounted, efisiensinya berbeda? lebih tinggi yang mana?

untuk Power factor? pengaruhnya ke efisiensi apa ?
untuk safety factor? pengaruhnya ke effisiensi ?

kalau efisiensi motor 60 % itu menyatakan apa? apakah kw yg terpakai hanya 60 % ?

ditunggu jawabannya dan beribu terima kasih banyak
kalu dijawab ke email saya jg saya lebih berterima kasih.
dedi.mulyadi@yahoo.com

Dedi – bandung

7. bayupancoro - Desember 20, 2008

Coba saya jawab. Sepertinya bentuk motor horisontal/ vertikal ga ada hubungannya dengan efisiensi. Speknya aja yang beda.

Pertama, Efisiensi adalah = Daya out put/ daya Input
Power faktor jelas berpengaruh ke efisiensi listrik, karena motor terdapat R dan XL. Sepertinya saya sdh pernah tulis di sini. Safety factor ke efisiensi ??

Efisiensi 60% artinya, anda perlu daya 100 untuk menghasilkan 60.
Semoga membantu.

8. Hilal - Februari 8, 2009

Mohom bantuannya…

Om, saya punya masalah nih.
Saya bingung bagaimana perhitungan/rumus untuk menganalisa Arus starting motor yang tinggi?!
seperti pada metode softstarter.

ditunggu jawabannya.
saya ucapkan banyak-banyak terimakasih.

9. S. EKO. - Maret 1, 2009

Tolong donk…
diulas cara rewinding motor induksi 3 phase,
untuk putaran 1500 dan 3000 Rpm
berikut rumusnya ya…..
thx……….

10. rudi - Maret 17, 2009

Mas, mohon penjelasan mengenai sistem proteksi motor induksi 3 phase.
kalau punya teori2 yang berkaitan, tolong dibagi mas…
terimakasih.

salam.
Rudi

bayupancoro - Maret 18, 2009

Sudah ada tuh mas di posting terdahulu…

11. Danang - April 19, 2009

da yg tau penjabaran rumus Vtot seperti Vt rumusnya apa?

12. miki - April 24, 2009

Mas, mohon penjelasan mengenai sistem proteksi motor induksi 3 phase.
kalau punya teori2 yang berkaitan, tolong dibagi mas…
terimakasih

13. rukono - April 27, 2009

mas. saya punya problem di motor ac. ditempat saya kerja sering banget rewinding motor karena terbakar. yang penyebabnya masca2:
1. bearing macet ( jarang )
2. Lose phase
3. tersiram air ( insulation leak ) daerah basah

mas bisa tidak saya dikasih solusi pakai alat apa biar motor cepat terdeteksi bila terjadi kenaikan ampere.selain pakai Overload thermal motor ?
ada tidak limit berapa kali motor boleh direwinding ?
terima kasih

>> Ada di tulisan Electronic Over Current Relay dan yang berhubungan dengan itu. Kalau lebih detail, japri aja Pa..

Thanks

14. Sani - Mei 8, 2009

Tlg ksh tau hub antara i,alpa n T dunkz. Thx a lot.

15. hadi - Mei 29, 2009

met siang…
maaf pak, boleh minta file yang dari NEMA tentang standart unbalance ?
kl bisa tlng kirimkan ke email saya di timboelz_03@yahoo.com. untuk bukti ada pa g nya..
makasih sebelumnya..

16. MJTU - September 26, 2009

Solusi motor 3 phasa ada di sini

17. agus - November 16, 2009

bagaimana cara merangkai overload contactor yg benar dan merk apa yg sebaiknya di pakai makasih

18. Makmun - Desember 4, 2009

Pakmohon dibantu apa pengaruh frekuensi terhadap motor. karena ada yg 60 hz dan 50 hz, kalau yg 60 hz kita ganti ke 50 hz apakah ada masalah nantinya

>> Trims. RPM Motor AC dipengaruhi oleh frekuensi.

19. dd - Desember 23, 2009

om mohon dibantu, motor ditempat saya 147 kW ada 5 dipasang parararel untuk pompa air 100 l/s, pada saat dioperasikan 3 unit & 2 stanby salah satu motor yang beroperasi trip dan indikator pada cu 3 muncul curent unbalance. saya ukur tegangan sumber ketiga soft star motor RS=385, RT=385, ST=395.Nah kira-kira kenapa yang trip kok hanya salah satu saja kenapa tidak semua trip

>> Wah, proteksinya mewah sekali Pak, CU3. Itu indikasinya Current Un-balance Pak… R, S T beda berapa ampere ??

20. taufiqsabirin - Desember 27, 2009

btw mas bayu saya pernah menemui kasus motor burn out dimana proteksi overload atau fuse-nya sepertinya tidak bekerja.

Module starter yang digunakan adalah SIEMENS tipe SIMOCODE. Module ini memiliki proteksi elektronik untuk thermal overload dan konvensional fuse untuk short-circuit.

Sebelum motor terbakar, module ditemukan indikasi general fault dan setelah di-reset kemudian di-start barulah motor tadi terbakar. Berarti ada kemungkinan motor terbakar sebelum proteksi sempat bekerja?

>> Proteksi electronic ada banyak juga yang mengadopsi karakteristik thermal artinya dengan sistem grafik inverse. Untuk kejadian motor terbakar seperti itu sering terjadi, pertama proteksi bekerja atau trip. Nah trip ini mungkin kondisi motor sudah stadium 4 kali…. nah jika di start, bye..bye lah…

21. IWAN - Januari 5, 2010

SAYA PUNYA MASALAH.SY PUNYA LISTRIK 3PHASE SETIAP SY HIDUPKAN SATU PAHSE TEGANGAN KURANG DARI 200V TAPI KL SAYA HIDUPKAN POMPA TIGA PHASE TEGANGAN BISA NAIK 220 ATAU 210V
ATAU 380
KENAPA BISA BEGITU TOLONG DI JELASKAN

>> Wahh… Sori ga bisa bantu kalu dengan tulisan saja, harus langsung. Trims

22. bembenk - Januari 29, 2010

bos tolong gambarin skemanya lebih jelas lagi

>> Sudah ada wiring diagrammnya kok. Thx

23. eka rohman - Oktober 17, 2010

w minta tolong donk contoh makalah tentang motor 3 phasa.
thaks

24. Nazzrie - Januari 21, 2011

Numpang nanya berapa kali motor 200 kw boleh di rewinding

25. syamsul - April 9, 2011

pa bayu mohon diulas gambarn rewinding untuk 72 alur putaran 1000 rpm trimks

26. syamsul - April 9, 2011

mohon diulas rewinding untuk elmot 72 alur 1000rpm tks.

27. cempung - Mei 9, 2011

cara mengatasinya bagaimana ?

28. Simon pasanda - September 25, 2011

mencari pekerja elektro motor dan tehknisi cold storage. jika anda berminat hubungi Hp.08114203197 atau kirim ke e-mail simon.pasanda@yahoo.com.

29. thella - Oktober 23, 2011

mau nanya, itu akar 3 di hubungan delta dan wye dapet dari mana yaa, ada turunan rumusnya gak, plis bantu, makasih.

30. adnan - Oktober 24, 2011

maksimum berapa kali,sebuah motor listrik direwind coilnya

31. adnan - Oktober 24, 2011

berapa kali sebuah motor itu bisa direwind coil nya

32. bagoaz - Desember 16, 2011

numpang nanya,kalau mau ngecek saluran RST itu balance atau unbalance pakai alat apa ya???makasih

33. yudha hapdila.ST - Mei 16, 2012

dear bapak pemilik blog

salam dari saya yang baru belajar ilmu listrik,
1. apakah bapak membuka class khusus untuk pemula dalam hal dunia listrik
2. setiap pembahasan yang dimuat selalu menarik untuk dipelajari lebih jauh dan dalam, tetapi minim dengan skema atau gambar yang memudahkan dalam pencernaan
3 mungkin saya bisa dibantu pembelajaran program plc industri dalam setiap kasus yang pernah ada, di mulai dari yang lebih mudah

terimakasih

yudhahapdila@ymail.com

34. ardhi - Juni 25, 2012

met malam bang,,

saya masih awam neh soal motor listrik. diharapkan skali bantuannya,, kmren saya dapet trouble,, kmarin saya installasi motor 100 Hp,3 phase.jd bgini bang,waktu di connect terjadi salah putaran. lalu kita ubah conection kabel wye-delta di panel controlnya.lalu setelah arah putaran benar, terjadi trip di panel induk (PLN) saat motor running ke delta. lalu diubah lagi sampai saya sendiri juga lupa bgaimana critanya yg pada akhirny (*)motor runing dan tidak trjdi trip di panel,akn ttapi ktika motor runing delta,motor berhnti brputar dan arusnya kosong(dicek dgn tang ampere nilainya nol,,pdahal waktu running wye bebannya sekitar 200A),dan dr kontaktor delta ad tgangan,hnya saja tdk ad beban..setelah incoming diubah (CB Utama di panel control) yang R ke S dn sbaliknya. barulah smua brjalan normal.

bisa tolong dijelaskn ga bang kenapa motor brhenti berputar setelah brhasil runing di delta (*).

trima kasih.

35. sardi a s - Agustus 2, 2012

berapa temperatur elektrik motor yang direkomondasikan saat beroperasi 24 jam.

36. muhammad arief - Desember 20, 2012

yuk,,,,ikutan gabung….

37. Opik - Maret 13, 2013

Pagi master saya mau tanya.apa penyebab indikasi kontaktor pada modul electrik.tolong kirim ke email saya opikgunawan@yahoo.com

38. Ady - Agustus 1, 2013

selamat siang,
mohon bantuannya, sy menggunakan electric motor 7,5 kw 960 rpm yg dihubungkan langsung ke screw pump tanpa menggunakan gear box motor. electric motor ini menggunakan inverter sehingga rpm yg kita inginkan bisa diatur. knp pada saat motor run dalam waktu kurang lebih 15-20 menit motor menjadi panas. thax

39. CaraMenjadiAgenPulsa - Agustus 6, 2013

Gan mau tanya, apakah sudah ada/dibuat pabrik alat pemutus aliran listrik ketika tegangan listrik di rumah tiba-tiba naik/berlebih kalo ada apa nama alatnya dan di mana bisa pesan.

Mohon info ke asepsp@gmail.com Terima kasih,

ttd.
Asep S.

40. denmas - April 16, 2014

Mas…. ada elektro motor 250 hp… yg seken.

41. Adi w - Juli 26, 2014

Mohon di terangkan bagaimana cara kerja motor brake pada motor listrik.terima kasih atas penjelasannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 53 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: