jump to navigation

Electro Motor Starter Februari 1, 2008

Posted by bayupancoro in bayu pancoro, electric, Electric fo Dummies, listrik.
trackback

Untuk menggerakan elektro motor, diperlukan peralatan pendukung yaitu, motor starter atau biasa disebut starter. Saat ini dikenal ada beberapa macam jenis starter. Diantaranya seperti berikut ini. 

Direct On Line (DOL) Starter 

Starter model ini sangat banyak dipakai saat ini, terutama untuk motor motor kecil. Komposisi komponennya terdiri dari satu contactor dan satu proteksi arus dengan TOR atau elektronik. Kelemahan starter model ini adalah kemungkinan timbulnya arus start yang sangat tinggi. biasanya bisa mencapai 6 sampai 7 kali. Pada saat starter ini di start, torsi saat start ini juga sangat tinggi dan biasanya lebih tinggi dari kebutuhan. Ini dapat terlihat adanya lonjakan/ gerakan yang keras saat motor di start. Tingginya torsi start ini juga akan memberikan tekanan lebih pada coupling dan beban.Komponen penyusun starter ini harus mempunyai ampacity yang cukup besar. Perlu diperhitungkan juga arus saat start motor, demikian juga ukuran range overloadnya. 

Star Delta Starter

Starter ini mengurangi lonjakan arus dan torsi pada saat start. Tersusun atas 3 buah contactor yaitu Main Contactor, Star Contactor dan Delta Contactor, Timer untuk pengalihan dari Star ke Delta serta sebuah overload relay. Pada saat start, starter terhubung secara Star. Gulungan stator hanya menerima tegangan sekitar 0,578 (seper akar tiga) dari tegangan line. Jadi arus dan torsi yang dihasilkan akan lebih kecil dari pada DOL Starter. Setelah mendekati speed normal starter akan berpindah menjadi terkoneksi secara Delta. Starter ini akan bekerja dengan baik jika saat start motor tidak terbebani dengan berat.  

Autotransformer Starter

Starter ini pada prinsipnya hampir sama dengan  Star Delta Stater yaitu dengan mengurangi arus dan torsi saat start. Pada Autotranformer terdapat beberapa tap yang dapat menurunkan tegangan line. Starter akan mengatur masuknya tegangan yang mengalir ke motor dimulai dengan tegangan yang paling rendah bertahap sampai ke tegangan normal. Jika Star Delta starter hanya dua step, dengan autotransformer bisa beberapa step. Ini berguna untuk mengurangi lonjakan arus dan torsi saat start. 

 

Soft Starter

Softstarter sangat berbeda dengan starter lain. Alat ini mempergunakan thyristor sebagai komponen utamanya. Tegangan yang masuk ke motor akan diatur dimulai dengan sangat rendah sehingga arus dan torsi saat start juga rendah. Pada saat start ini tegangan yang masuk hanya cukup untuk menggerakkan beban dan akan menghilangkan kejutan pada beban. Secara perlahan tegangan dan torsi akan dinaikan sehingga motor akan mengalami percepatan kehingga tercapai kecepatan normal. Salah satu keuntungan mempergunakan alat ini adalah kemungkinan dilakukannya pengaturan torsi pada saat yang diperlukan, tidak terpengaruh ada atau tidaknya beban. 

 

Frequency Drive

Frequency Drive sering disebut juga dengan VSD (Variable Speed Drive), VFD (Variable frequency Drive) atau Inverter. VSD terdiri dari 2 bagian utama yaitu penyearah tegangan AC (50 atau 60 HZ) ke DC dan bagian kedua adalah membalikan dari DC ke tegangan AC dengan frequency yang diinginkan. VSD memanfaatkan sifat motor sesuai dengan rumus sbb : 

RPM = (120.f)/p 

dimana

RPM   : Kecepatan putar/ speed motor (RPM)

F        : Frequency (Hz)

P        : pole  

Jadi dengan mengatur frequency tegangan yang masuk, maka kecepatan motor akan dapat diatur pula. Demikian pula pada saat start, dimulai dengan frequency rendah sampai rated frequency nya hasilnya kecepatan motor akan mengalami percepatan yang lebih halus. 

 

Reff :- Technical Bulletin Schneider Vol 4 2006- ABB Softstarter Handbook. 

About these ads

Komentar»

1. Sukma Saputra - Februari 14, 2008

Mas….
Bisa kasih tahu gambar rangkaian dari beberapa kontrol motor/starter motor??
Butuh neh…

Trim’s…

2. bayupancoro - Februari 15, 2008

Oke dech….
Saya gambar dulu, baru di pajang di sini …
Eh,,Starter yang apa ??
DOL, YD???

3. made - Februari 20, 2008

Mas pancoro , boleh saya bertanya sedikit tentang proteksi . Apa mungkin overcurrent bisa menyebabkan breaker trip . karena setahu saya breaker trip dikarenakan terjadinya short circuit . Sedangkan overload bisa diproteksi dengan TOR .

richikurnia tama - Januari 20, 2010

ass pak pancaro,tolong ksih rngkaian nya donk……….

>> Silakan buka http://bayupancoro.files.wordpress.com/2008/11/y-d.pdf . Trims

4. bayupancoro - Februari 22, 2008

Kalau TOR-nya normal dan setingnya benar harusnya yang trip TOR dulu. Coba diliat trip curve TOR dan Breaker. Pasti bisa dihitung yang lebih cepat trip yang mana.

5. mohammat tri bowo - Februari 23, 2008

mas tolong beri gambar rangkaiannya karna saya butuh untuk bahan ujian.
PLISSSSS. !!!!

6. TRI SUSISWAN - Februari 23, 2008

MAS TOLONG DIBERI GAMBAR RANGKAIAN STAR DELTA, DENGANTIMER.

7. bayupancoro - Februari 23, 2008

Starter Y-D pasti pake timer dong….

Oke nanti saya post DOL dan Y-D Starter…

8. taufik - Maret 1, 2008

mas..
keterangannya udah cukup mewakili, tapi kalo bisa di sertain sama gambar rangkaiannya dong, biar lebih komplit. betuol kata komen diatas, butuh neh..

9. bayupancoro - Maret 2, 2008

Gambarnya di post terpisah….
Starter Star Delta dan DOl sudah…
Lainya menyusul …
Trims ..

10. Andik suhariyono - Maret 22, 2008

Mas bayu,

antara star delta,soft starter dan inverter(VSD) mana yang lebih baik,efisien dan ekonomis untuk jangka panjang.

terima kasih

11. bayupancoro - Maret 23, 2008

Nah , ini dia…
Kalo menurut itung itungan pasti lebih baik VSD. Tetapi perlu dipertimbangkan SDM yang ada di sekitarnya. Kalau SDM masih belum mampu mengatasi masalah dengan cepat cost untuk down time pasti tinggi dan tidak akan menjadi efisien…dan sebaliknya.

12. ewwi - Mei 17, 2008

mas bayu,

biasanya dengan pertimbangan apa saja kita menentukan starter mana yang akan digunakan?
terutama untuk vsd dan softstarter..

terima kasih…

13. ewwi - Mei 17, 2008

mas bayu,

biasanya dengan pertimbangan apa saja kita menentukan starter mana yang akan digunakan?
terutama untuk vsd dan softstarter..
terima kasih…

14. bayupancoro - Mei 21, 2008

Diantara keduanya jelas pertama kali aplikasi sebagai pertimbangan utama. Kalo perlu speed yang variable tentunya ya inverter. Kemudian biaya, tentunya softstarter lebih murah. Energi saving, sangat vtergantung aplikasi.

15. herdi - Juni 15, 2008

menambahkan sedikit,
untuk pertimbangan pemilihan sarter, selayaknya kita melihat aplikasinya terlebih dahulu. dan tergantung besar daya motor yg mau digunakan. kalo aplikasi yg memerlukan speednya berubah ubah, maka baiknya kita pakai VSD, bisa buat motor daya besar ato kecil. apabila untuk motor yang dayanya besar sekali, biasanya kita memakai soft starter, alasannya untuk mengurangi arus start. soalnya lonjakan arus yg berlebih, bisa mengakibatkan MCC ato main breaker trip atau over load.
mohon maaf kalo ada yg salah.

16. rifki - Juni 27, 2008

mas, secara hitungan kalo kita memakai starter diatas tadi,bagaimana cara kita memilih breakernya (MCB)? (untuk arus yang pas).
bila kita pake DOL arus startnya berapa kali arus nominal?
begitu juga jika memakai star-delta, berapa ampere kita memilih MCB dan kabel yang aman???

17. bayupancoro - Juni 27, 2008

Untuk besar arus start sangat tergantung type motor dan beban. Breaker bisa pakai 1.5 In . Untuk lebih mudah anda bisa temukan tabel starter di masing2 brand komponen yg digunakan.

18. dedi - September 13, 2008

minta tolong dikirimkan gambar rangkaian star – delta, perlu nih?

19. bayupancoro - September 14, 2008

Sudah di post tuh..!http://bayupancoro.wordpress.com/2008/02/25/rangkaian-motor-starter/ Kumplit…
Triims atas kunjungannya..

20. triez - September 15, 2008

Siang mas bayu,

Klo boleh nanya, berapa kali lipat arus nominal yang di timbulkan saat starting motor bilamana kita menggunakan softstarter?saya tanya ke vendor kok beda2 ya,ada yang bilang saat starting 3 x In, ada yang bilang 1,2 x In, jadi mana yang bener ya?
apa bisa di buktikan secara teoritis dengan analisa,mas?
terma kasih sebelumnya..

21. herman - September 29, 2008

mas bayu.. bisa kasih tahukah gambar rankaian DOL pad softstarter, kami sangat butuh nih! thank`s sebelumnya.

## DOL pada softstarter ?? Maksudnya yang in-line ?? Ya tinggal pasang seperti starter direct online saja. Contactor diganti dengan softstarter. Jika mengunakan bypass, pasang paralel contactor dengan softstarternya. [saya email deh]

22. fauzan - Oktober 8, 2008

bisa minta artikel lengkap tentang motor —star-delta, Dol , dan autotransformator?

23. fauzan - Oktober 16, 2008

mas tolong sich saya minta artikel lengkapnya tentang motor starting dengan metode star-delta, dol , dan aututransformator….

## Sepertinya sudah pernah saya ceritakan di posting lama….

24. Hasudungan - Oktober 24, 2008

mas saya minta tolong tahu model motor stater yang terbaru nga. kalo ada tolong kasih tau donk berikut gambarnya serta desainnya kalo bisa secepatnya ya mas soalnya perlu untuk skripsi. terima kasih banyak

## YAng terbaru yang dengan inverter atau variable speed drive (VSD).

25. herman - Desember 2, 2008

Mas bayu, mau nanya nich! bisakah membuat suatu rangkaian DOL menggunakan satu kontaktor di gabung sama softstarter,beberapa relay, overload dan trafo step down ( ac ke dc). kalau memang bisa. tolong dikirimkan gambrnya. aku sangat memerlukannya. aku rencana mau bikin rangkaian seprti itu. thank’s sebelumnya.

##
Eh, rangkaian buat apa nih ??? Kok jadi campur campur , DOL, Softstarter, rectifier ?? :?

26. herman - Desember 2, 2008

oh ya. itu untuk rangkaian menjalankan conveyor menggunakan motor kapasitas besar ( 100kw) . kalau memang bisa tolong dikirimkan gambarnya.

bayupancoro - Desember 5, 2008

Oh, maksudnya untuk Conveyor 2 arah dengan Softstarter ya ? Tapi kalo reversing (bolak balik) sepertinya nggak mungkin kalo memakai 1 MC. Dan aplikasi Softstart untuk reversing dengan satu MC, saya belum pernah tahu. Ada beberapa merk yang mampu tapi tidak untuk aplikasi continous..

27. adi_y - Januari 14, 2009

mungkin bisa menambahkan..kalo mau reversing apa tidak lebih baik pake inverter aja…bisa pake 1 MC tapi sgnal perinttah arah putaran harus ada lagi 2 NO (sesuaikan dg brand inverternya) yg di konek di terminal yg disediakan, bahkan kalo mau bisa juga di pake signal analog untuk perubahan speednya (2-20mA)

bayupancoro - Januari 14, 2009

Lebih baik pakai inverter tetapi harganya yang mahal…

28. Hendik - Januari 18, 2009

Mas tolong buatin rangkaian motor bolak-bolak dan bintang segitiga! Makasih

29. riful - Januari 22, 2009

mas bayu, kebutuhan kabel untuk motor 45 kw star delta dari MCC ke motor apakah ( 4 x 35 ) x 2 atau ( 4 x 35 dan 3 x 35 ) atau bisakah ( 3 x 35 ) x 2
mohon penjelasan

bayupancoro - Januari 23, 2009

3 kabel kali 2 saja dan tambah ground.

30. winanto - Maret 19, 2009

pak saya ingin belajar rangkaian control motor listrik 3 phase karna saya lulusan s.m.k jurusan teknik listrik tp saya belum bekerja di bidang saya…. dan saya ingin mendalami ilmu rangkaian motor listrik dan saya ingin mengetahui dasar2 nya supaya apa yg saya ingin dalami mempunyai dasar2 yang tidak saya dapat dari bangku sekolah menengah kejuruan…. terima kasih… ass.wb.wr winanto_15@yahoo.co.id

31. lavonte - April 23, 2009

pak….ato mas….saya telah coba untuk membuat soft starter dengan memakai triac yang dikontrol oleh mikrokontroller AT8535. saya mencoba memang tegangnnya yang dialirkan dapat berubah sesuai dengan intruksi delay dari TMEGA 8535 tetapi saya mencoba mengukur arus yang mengalir ke motor ternyata saat tegangan ratenya arusnya lebih kecil dari pada saat saya beri tegangan yang lebih rendah yang saya kontroll dengan triac tersebut…
bagaimana hal tersebut dapat terjadi mengacu pada tulisan diataa “tegangan yang masuk ke motor akan diatur dimulai dengan sangat rendah sehingga arus dan torsi saat start juga rendah. Pada saat start ini tegangan yang masuk hanya cukup untuk menggerakkan beban dan akan menghilangkan kejutan pada beban”.
mohon bantuannya trimakasih.

32. Yos - Juli 3, 2009

mas,,yg saya tahu bila menggunakan star maka tegangan akan menjadi lebih rendah yang mengakibatkan arus menjadi besar,,bila mengunakan delta tegangan menjadi lebih besar yg mengakibatkan arus menjadi kecil…

contoh transmisi listrik,PLN mengunakan tegangan yg besar utk menyalurkan daya listrik dikarnakan dengan tegangan besar maka arus akan kecil shinga PLN bisa menghemat .menggunakan kabel yg berdiameter lebih kecil..

jadi yg saya tanya :
1. apakah benar tegangan yg besar mengakibat arus menjadi kecil??
2. apabila dlm starter motor d butuhkan arus yg kecil utk menghindari lonjakan arus kenapa tidak menggunakan hubungan DELTA-STAR

mohon pencerahanya

33. bram - Juli 14, 2009

salam kenal pak bayu….
saya ingin bertanya hal dasar tentang motor listrik,
bila ada motor dengan name plate:
star/delta:660v/380v
11kw, pertanyaan saya adalah:
1.apakah motor tersebut aman untuk dijalankan secara star secara terus menerus dengan supply power 380v, untuk diketahui motor ini adalah motor penggerak baling2 pada cooling tower.
2.kemudian apakah tidak lebih baik motor ini dijalankan secara hub delta agar torsi bisa maksimum mengingat tegangan supply 380v
3.bisakah bapak membantu saya untuk menunjukan rumus matematisnya yang menunjukan bahwa besar arus dan torsi bila motor dihub star menjadi lebih kecil daripada arus bila motor dihubung delta untuk spek motor diatas.

atas bantuan bapak saya ucapkan banyak terima kasih

34. witi - September 8, 2009

butuh nameplate motor AC am kontaktor ne bwt tugas desain instalasinya… cari dimana ya maz????
thankz…

adrian - Oktober 7, 2009

masuk ke ruang Pompa di mall atau pusat perbelanjaan,.banyak pompa pompa yang pake beragam motor AC ,jepret dah tuh plate lantas sekalian minta bukain panelnya lihat kontaktornya …jangan lupa minta ijin…

>> Sipp… Atau pura2 beli motor aja..

35. ayub - September 20, 2009

pak bayu’
mohon bantuan nya untuk mengetahui rangkain kontrol motor, staternya dengan menggunakan autotrafo, misal autotrafonya 75 kva, motornya 110 kw, dengan 2 step 85% dan 50 %
please, pak bayu, berikut dengan timernya ya,,,
regard, m.ayub

36. Zamroni - November 10, 2009

Pak Bayu saya punya mesin ice maker kalau pln mati lalu hidup mesin akan sama mati &hidup secara otomatis.saya ingin pln mati & hidup posisi mesin saya mati lalu meisn dihidupkan secara manual.saya mohon informasi pakai alat contactor apa.cara merakit instalasinya gimana.contactornya yang bagus merk apa pak.mohon bantuannya ya pak.thank ya.
Balas

>> Wiring controlnya aja Pak dibenerin. Trims.

37. petra - Desember 2, 2009

bang klo blh gambarnya di tampilkan…

38. aci - Desember 22, 2009

low bsa gmbar rngkaian starting motor dahlender d tmpilkan jg..mkacih…

39. Yuri - Desember 28, 2009

Selamat malam Mas,
saya yuri dari karawang, mau tanya bagaimana cara untuk mengukur lilitan atau induksi dari motor AC dengan menggunakan megger.
Terimakasih atas Jawabanya.

>> Ahh…! Saya belum pernah mengukur induksi/ induktansi motor dengan megger. Setau saya megger untuk mengukur insulasi atau tegangan tembus… Trims

40. tony - Januari 17, 2010

mas tolong bantuin 1 x ini aja,,,
saya pengan gambar rangkaian timer,star,delta, yang pake kontaktor,

>> Mas, sudah ada tuh pdfnya, di postingan star delta stater y-dstarter. Trims

41. syaiful abdillah - Februari 24, 2010

ok

42. Rachmat Saleh - Februari 24, 2010

mas . kalo ada yang punya layout untuk pembuatan inverter untuk motor-motor induksi 3phase 5,5 Kw sampai dengan 75 Kw boleh saya minta dan sekalian bahan – bahan yang di butuhkan untuk pembuatan terima kasih

>> Waduh Mas, layout maksudnya PCB board nya ?? Paling yang ada cuma blok diagram, dan kalopun ada saya nggak akan sanggup bikin. Ma’af ga bisa bantu.

43. Arief - Mei 2, 2010

Mas tlg jlskn cr mghtung arus mtr pd saat start & tlg jlskan untk mntkan range overload untk DOL starter. . Tlg y mas
Mksi

44. Electro Motor Starter « Telecomaitel's Blog - Mei 8, 2010

[...] by bayupancoro in Electric fo Dummies, bayu pancoro, electric, listrik. trackback Possibly related posts: (automatically generated)Penyebab Motor Starter / Dinamo Starter Berat Saat [...]

45. rio - Juli 6, 2010

bisa kirimkan rumus star delta g??

46. Yoyo Hudaya - Agustus 18, 2010

mau tanya mas…saya punya daya trafo 630KVA, sedangkan beban motor pompa saya 315KW. Untuk menghindari terjadinya beban kejut yg tinggi. sistem mana yg harus di gunakan :Star delta?, Auto transformer, soft startyer atau inverter?

wassalam

>> Wih.. mepet sekali ya, Star Delta jelas meloncat, Softstarter ada lonjakan tapi bisa dibatasi, tapi apakah aplikasi bisa dipakai tergantung sistem pompanya juga. Inverter demikian juga.

47. ardy tanod - September 27, 2010

mas mau nanya..
mana bagus start wye-delta dengan start dengan inverter???
trus klw start dgn wye-delta arus startnya berapa kali arus nominal??
klw pake inverter arus start nya gmn??
trima kasih,tlg bantuannya

48. Markiano Berutu - Oktober 1, 2010

Ini pak saya ada usulan gimana kalo Bapak buat Kursus tentang listrik secara online saya mungkin pasti banyak yang suka

>> Trims atas untuk apresiasinya. Gak perlu kursuslah, kalau perlu diskusi bisa via email atau chit chat … Thanks !

49. Arlan - November 4, 2010

Mas, saya mau tanya gimana rumus/analisa perhitungan panas & timing autotrafo untuk starter motor induksi 3 phasa?
Trims

50. titik sriwahyuningsih - Desember 28, 2010

pleas ya pak , beri gambar rangkaian pengasutan motor induksi dengan autotranformer besok presentasi ni pak……
please bgt….

51. titik sriwahyuningsih - Desember 28, 2010

mau tanya, rangkain koordinasi recloser,secsonaliser dan trafo…..

52. ardi hermawan - Desember 30, 2010

mas, saya mau tanya “TOR” itu apa ya?dan fungsi nya.kirim di imel saya ya…ardye50@yahoo.com

>> Sepertinya ada di posting yang lama. Thanks

53. mukhlis - Februari 6, 2011

mas kalo boleh tau lebih efesien mana pakai soft starter atau inverter dalam pemakaian energi listrik, terima kasih atas perhatiannya sekalian blog walking…

>> Untuk aplikasi yang tepat Inverter lebih effisien. Untuk aplikasi yang salah inverter malah bikin ruwet.

54. ojik - November 15, 2011

mas bisa buat gambar semua rangkaian soft startert diatas gak

55. Daniel - November 29, 2011

Tolong postingkan sistem ovetload model yang lain

Bontor Sianturi - Desember 30, 2011

Teman-teman Alat ukur yang paling dominan untuk mengetahui arus pada saat starting menggunakan soft starter ap?

56. Sofjan - Januari 5, 2012

Mas mau konsultasi nich. saya pasang panel stardelta untuk electro motor 110KW. pd saat belum ada beban panel berjalan dengan baik, posisi star dan delta berjalan. tapi pada saat di berikan beban, pada posisi delta, MCC pada panel trip. MCCB pada panel terbaca 400A. Bisa bantu kenapa trip di MCC panel mas. thanks.

57. Herman - Januari 11, 2012

mau tanya nih mas pacoro….. saya rencana mau merakit panel control utk softstarter jenis ABB PSTdi tempat saya kerja. sya mohon bantuannya mas! kalau bisa wiring diagram controlnya mas! Thanks sebelumnya

58. yuniarty purba - Agustus 1, 2012

mas,,
apa aja sich yang perlu di analisa pada pengasutan star delta ?
mohon bantuannya ya,,,

59. Deni Asep - November 17, 2013

Mau belajar langsung praktek?kami membuka private assembling panel listrik dol starter,stardelta,forward reverse semua system control akan diberikan, belajar dari pemasangan mccb,kontaktor,overload,relay,buzzer sampai ke motor 1p,3p.diajarkan cara wiring control,teknik penyekunan,menghitung kebutuhan motor ,penampang kabel yang dianjurkan
hub.02170187888,081905886607 lokasi cibubur,jakarta timur

Yogi - Maret 27, 2014

Mas Deni Asep, wah tertarik saya private-nya. gmn caranya dan brp kira2 biaya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: