jump to navigation

Water Level Control September 17, 2008

Posted by bayupancoro in Electric fo Dummies, listrik, product.
Tags: , , ,
trackback

Ayo kita membuat aplikasi sederhana untuk control level air sederhana di tangki! Tujuannya untuk menjaga keberadaan air pada level tertentu dengan mengatur ON/OFF pompa air. Bagian terpenting adalah controller dengan menggunakan OMRON 61-FG (saat ini Rp 150rb an) lengkap dengan sensor (digunakan kawat, sebaiknya yang anti karat/ stainlesteel) , dan tentu saja pompa.

 

Gambar disamping adalah unit control dan sensornya. Sedangkan dibawahnya adalah gambar terminal yang ada pada unit control. Pertama adalah terminal S0, S1 dan S2 sebagai terminal power supply. S0 sebagai common dan jika supply dengan tegangan 110 VAC disambung ke S1 dan untuk tegangan 220 VAC ke S2. Berikutnya adalah terminal kontak output relay yaitu Ta, Tb, dan Tc. Terminal ini adalah output dry contact (relay) sehingga dipergunakan untuk memerintah pompa agar ON/OFF. Kemudian terminal E1, E2 dan E3 dipergunakan untuk sensor ke air. Urutan harus sesuai dengan gambar yaitu E1 yang paling atas dan seterusnya, jangan dibolak balik. Material sensor hanya konduktor biasa tetapi yang tahan korosi karena dicelupke air. Oh..ya untuk posisi E3 bisa dililitkan pada nepel tandon bagian bawah yang terbuat dari besi, atao kalau pipanya dari besi ya tinggal tempel disitu aja.

Setelah merangkai sensor dengan controller berikutnya adalah menyambung ke power pompa. Salah satu power bagian (phase/ masa) diputus dan setiap ujungnya disambung ke Tc dan Ta. Dengan demikian unit control siap bekerja. Untuk pengetesan hubung singkat E1, E2 dan E3, pompa harus OFF. Kemudian lepas E1 pompa tetap OFF, lepas E2 pompa harus ON. Selanjutnya proses pengisian, Sambung E3 dengan E2 pompa tetap ON, sambungkan keduanya dengan E1 pompa harus OFF.

Agar controller lebih tahan lama sebaiknya diberikan relay back-up bisa type LY (Rp 30rb an). Ini agar relay output controller tidak terkena beban secara langsung. Oke selamat mencoba. !

About these ads

Komentar»

1. bpurwono - September 19, 2008

Saya dapat merealisasikan WLC dengan komponen OpAmp, LS00, diode LED (indicator lamp merah, hijau dst), Transistor BC109, relay Zhongnan 225VAC/6 VDC.

## Terima kasih.
Nah ..! Ya itu, berhubung saya ndak mengerti betul elektronika seperti Anda, maka saya nggak pakai rangkaian ini. Lagi pula dengan alat ini 1 jam dah beres dirakit [bagi saya loh...]

2. rizki - November 14, 2008

mw tanya..beli unit kontrol 61-FG dimana y mas?
saya cari d’situsnya OMRON..kok g da ya??
saya berdomisili di semarang..

terima kasih sebelumnya…:)

###
Pasti ada. Di Smg ada agen OMRON, tanyain aja. Harga sekarang berkisar 200rban.

3. Yudi Cahyo - Desember 13, 2008

bagai mana cara merangkai dioda singgle menjadi dioda bridge 3 phase. Apakah bisa ? Thanks.

4. bambang - Januari 27, 2009

saya tertarik tulisan anda,bagaimana membuat wlc yang terhubung dengan valve untuk pipa diameter 12 inc ,beda tinggi reservoir dg pompa 40 m jarak pompa dg reservoir 6km,apakah ada valve dengan penggerak motor

bayupancoro - Januari 27, 2009

Saya coba menjawab, WLC dengan valve sangat bisa terhubung. Ada kok Valve yang penggeraknya dengan electrik. Untuk berapapun ukuran valve ga masalah selama penggeraknya ada. Sedangkan untuk start stop pompa yang berjarak 6 km bisa menggunakan presure switch yan outputnya terhubung dengan starter pompa. Terima kasih.

Jongoz Mnurfajrullah - November 9, 2011

valve magnet ada namanya selenoid

5. utami - Maret 2, 2009

Pak saya butuh WLC yang DC 24 VDC 61F-GPN-BT kira – kira yang ready dimana ya pak daerah bekasi tolong donk dicariin

Tulus setyo - Maret 25, 2014

di distributor resmi Omron saja yakni PT. ELmecon Multikencana
http://www.elmecon-mk.com
atau hubungi saya aja 082312841116 Tulus

6. gero - Maret 12, 2009

wah gimana kok ga lngkp cm aplikasimya.
hrsnya ada gambar layoutnya sekalian.

7. hasan - April 1, 2009

saya udah coba bikin rangkaian kreasi sendiri dan udah jalan hampir satu tahun lancar tidak ada masalah, cuma habis 50rb doang… kalo ada yang pengen punya silahkan email ke silent4u2me@yahoo.com

yansnoer - Juli 18, 2011

Mas boleh saya minta rangkaiannya, tolong donk kirim ke dimas_thea@yahoo.com. Terima kasih

madhur - Oktober 11, 2011

Mas boleh tidak sya minta rangkaiannya, kalau boleh tolong kirim ke madhurc98@yahoo.co.id terima kasih sebelumnya.

8. erick newbie - Agustus 21, 2009

halo mas apha khabar? saia newbie nih

saia ingin menanyakan permasalahna jika kita menggunakan level switch omron yang sering bermasalah untuk fungsi pengendali level air.. jika kita menggunkan stick stainles…
source control panelnya omron,kontaktor,overload,mcb 1 phase, mcb 3 phase…. bagaimana cara menanggulangi permasalah automatic dalam menggunakan level switch ini yang kadang berfungsi kadang tidak….
terima kasih…

>> Kalau controlnya sdh intermitent ya ganti aja Mas, dari yang sering saya alami, yang sering bikin kacau biasanya tegangannya nggak bagus. Trims.

9. erwin js - Desember 9, 2009

mohon bantuin saya membuat makalah mengenai water level control,,,,terima kasih

>> Trims. Dengan senang hati kalau bisa

10. Hermawan Murvie - Maret 22, 2010

Mas Bayu..
Numpang ya Mas,,
Saya lagi bikin water level control yg mirip dgn rangkaian omron.
Nantinya akan di komersialkan ,,
1. on off utk pompa , disesuaikan dgn ketinggian air yg mau di isi.
2. Soft start utk pompa,, konsumsi listrik ga melonjak pada saat pompa nyala.
3. cut off pompa dlm waktu kurang dari 2 menit , apabila sumber air kosong,, menjaga pompa tidak terbakar karena air kosong.
Semua di lengkapi dgn lampu led indikatornya..
Kl ada yg mau shearing utk saling melengkapi boleh ke email saya hmurvie@yahoo.com.
Thx

>> Bagusss…

11. Electro Motor Starter « Telecomaitel's Blog - Mei 8, 2010

[...] by bayupancoro in Electric fo Dummies, bayu pancoro, electric, listrik. trackback Categories: Uncategorized [...]

12. fikrisu - Juli 23, 2010

mas bayu, aku mau nanya nich. gimana caranya membuat rangkaian inverator/soft start untuk otor 1 phase dengan daya 2500 W. thank’s

>> Googling aja, banyak skema sederhana dengan SCR dkk

13. fikrisu - Juli 23, 2010

mas bayu, aku minta tolong lagi nich. gimana caranya merangkai capasitor bank untuk daya 3 phase. thank’s ya mas

>> Di manualnya PF regulator aada kok.

14. onny - Agustus 20, 2010

ikut absen mas…

15. marwat - November 2, 2010

ada gak wlc untuk jarak 5km lebih?

16. ferry - Maret 14, 2011

wahh.. keren mas..
saya tertarik mau coba, cuma saya masih awam bgt sama masalah kontrol.. bisa di jelaskan lebih detail gak mas..
n biaya nya brp ya?
via email ja.. ke dwy_89@yahoo.co.id
makasih mas…

gunawan - April 5, 2012

Produk ini sepertinya sama dengan produk dengan merek RADAR, bahkan lebih murah, hanya berkisar Rp.40.000 aja
dan kelebihan lainnya tuh RADAR terbuat dari bahan plastik yang pastinya tidak ada istilah karat …..

17. catur - Juni 8, 2011

saya awam buanget dengan electrik spt ini, tp saya sangat2 tertarik….

1. misal kalo di buatkan satu utk saya, biaya berapa y?…
sbg info: ukuran tanki saya tinggi 120 cm, diameter 77 cm, jarak tanki ke lantai 4 mtr pengisian pake jet pump.
2. bisa nggak buatin kontrol utk aliran air semacam water meter (meteran PDAM/POM bensin) dan bisa on/off otomatis?
maksud saya: untuk pengisian air ke tanki kita tinggal “mencet” tombol jml/volume air yang kita inginkan, & nantinya mati secara otomatis saat volume air yg kita inginkan tercapai?

mohon email ke nugroho_catur@yahoo.com
thanks sebelumnya.

18. Darno Djalil - September 21, 2011

tolong di posting rangkaian softstarter nya dgn tambahan relay backup.

19. gunawan - Januari 20, 2012

pa saya minta nomer telfon anda,saya ingin beli OMRON 61F-G
di mana belinya dan apakah anda menjualnya

20. gunawan - Januari 20, 2012
21. Wahyu Hidayat Ramdhani - Februari 17, 2012

mantap

22. andre - September 10, 2012

trouble pada omron 61F apa aja?

23. Anto - Oktober 19, 2012

bagaimana caranya bila WLC (61FG3) dirangkai dengan tower light(Merah,Green,yellow). Bagaimana cara menyalakan lampu yang hijaunya mas..??

24. asep - Desember 14, 2013

jenis level control apa yang cocok untuk minyak cpo, tq

25. Yogi Priyanto - Februari 11, 2014

mas mau nanya nih kl pompa dengan wlc ga mau mati kira2 apanya ya mas terimakasih

Yogi Priyanto - Februari 11, 2014

apa mungkin wlc nya ya

er ie - Maret 19, 2014

itu ada 2 kemungkinan mas bro.
1.sensornya gk bekerja/kotor,musti dibersihkan karena efek elektrolisis
2.relay nya udah soak,shg tidak mau otomatis shut power listriknya,so jet pump jalan terus

26. Kristriyana Prasetya - Februari 28, 2014

Mas boleh tidak sya minta rangkaiannya, kalau boleh tolong kirim ke kristriyana_12303011_dharma@yahoo.com

27. masjud - Juli 8, 2014

mas tolong sy minta rankaian panel pump 1 phase untuk gedung air diatas habis manggil dan penuh off dan ap bila ditangki bawah kosong pump tidak bisa on, tolong dikirim

28. ANI - Agustus 23, 2014

SAYA MAU ORDER CONTACNYA BERAPA YA,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: