jump to navigation

Digital Over Current Relay (EOCR SSD) Januari 26, 2009

Posted by bayupancoro in bayu pancoro, electric, Electric fo Dummies, listrik, product.
trackback

ssdElectronic Over Current Relay SSD adalah alat proteksi arus yang dilengkapi dengan 2CT ( dibagian atas ), display digital, Over Current/ Overload Protection dan Phaseloss Protection (keterangan disini). Range ampere yang tersedia ada 3 macam yaitu 05, 30 dan 60 lengkapnya seperti pada spesifikasi. Meskipun hanya mendetaksi 2 line tetapi proteksi dilakukan pada ketiganya, misalnya untuk kasus phaseloss meskipun terjadi di line yang tidak dilewatkan ke CT tetap saja terdeteksi.

Display digital berfungsi untuk menunjukan setting, ampere dan penyebab trip. Misal saat penentuan level overcurrent ampere, saat knop “Load” diputar maka display akan menunjukkan setting arus maksimum. Dan jika stater dalam kondisi running, display akan menunjukan arus terukur saat itu. Jadi selain sebagai alat proteksi juga berfungsi sebagai amperemeter. Jika terjadi trip, display akan mengunci nilai ampere terakhir dan penyebab trip. Misalnya “o 34″, berarti terjadi overload dengan arus 34 Ampere, atau “pL r” artinya terjadi phaseloss di line “R”. Dengan adanya indicator penyebab trip maka akan mempermudah dalam penyelesaian masalah yang terjadi.

Untuk aplikasi pada beban yang lebih besar atau kabel yang besar bisa ditambahkan 2 buah CT (keterangan disini), karena lubang CT di alat ini maksimum untuk ukuran kabel 16 mm. Akan tetapi display tidak bisa menunjukan ampere yang sebenarnya karena melewati CT yang lebih besar terlebih dahulu. Jika menggunakan CT dengan ratio 150:5 (ratio 30) dan display menunjukan 4 ampere, maka arus sebenarnya yang terbaca adalah120 Ampere.

About these ads

Komentar»

1. Sulaiman - Mei 29, 2009

Saya telah menggunakan EOCR type 3DM range 6-73Ampere. Akan tetapi EOCR type ini feature sangat minim banget, sehingga tidak bisa memproteksi gangguan akibat unbalance arus maupun phase loss. Saya mohon diberikan product catalog EOCR baik single phase maupun multi phase. Kedepan saya ingin mengupgrade proteksi yang lama sebagai pengganti proteksi tersebut. terima kasih.

>> Trims, sepertinya type ini sudah lengkap fasilitasnya. Tapi memang untuk Un-balance tidak bisa diatur levelnya, tetapi phaseloss protection pasti bisa, jika tidak bisa berarti ada kerusakan pada unit tsb. Silakan info data kontak detailnya, saya akan kirim data yang diperlukan. Trims.

2. adam - Oktober 12, 2009

Pak mohon bantuaanya, Type EOCR dgn range relay setting 0.5 – 6 A apakah bs digunakan untuk motor berdaya besar seperti diatas 55 kw. karena In motor besar maka EOCR akan di connect melalui CT.

>> Hmm.. Sepertinya sudah pakai model ini ya ?? Untuk aplikasi motor daya besar memang harus range 0.5 – 6 Amp, tetapi harus ditambahkan CT lagi. Jadi yang terukur di EOCR adalah keluartan CT yang besar dan untuk settingnya tinggal dikalikan saja sesuai ratio CT. Semoga bisa membantu dan jika ada problem silakan hubungi saya.

3. adam - Oktober 14, 2009

klo ada alternatif lainnya pak untuk motor2 diatas 110 kw? terimakasih atas informasinya

4. Dwi - September 18, 2010

Saya butuh relay untuk proteksi hoisting pada over head crane. Rating motor hoisting adalah 55 Kw. Mohon bantuannya. Terima kasih

5. FAHRIZAL - Oktober 12, 2011

Pak mohan bantuannya Type EOCR 3DM ada indikasi AP itu artinya apa Trims

6. Sanggam Damanik - Agustus 3, 2012

untuk pemasangan amper meter kapasitas 400 A
harus menggunakan CT yang berukuran brapa

7. http://sparksqjlu.u.yuku.com/ - Februari 11, 2014

Today, while I was at work, my cousin stole my apple ipad and tested to see if it can survive a 25 foot
drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad is now destroyed and she has 83 views.
I know this is entirely off topic but I had to share
it with someone!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: