ELEKTRO MOTOR PROBLEM (3 PHASE)

Apa yang menyebabkan elektro motor terbakar, korslet, putus atau njebluk ?? Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan terbakarnya sebuah elektro motor (selanjutnya disebut elmot), Overload, Single Phassing, Bearing Problem, Terkontaminasi, Rotor Problem, Usia Pakai dan lain lain. Beberapa symtom tersebut akan menimbulkan efek perubahan arus yang mengalir dan “PANAS” bila hal itu terjadi, seperti Overload dan Single Phassing.
Panas ini akan berpengaruh langsung dengan insulasi motor yang mengakibatkan short dan terbakar.Panas juga juga berpengaruh dengan usia elmot. Jika sebuah elmot beroperasi 10 deg C diatas operating temperature, maka usia elmot akan berkurang 50%. Untuk menghindari problem tersebut digunakan elmot protection yang berupa fuse, thermal overload relay (TOR/OCR) yang banyak dipakai dan motor protection jenis lain.
Single Phassing
Single Phassing atau Phasseloss berarti salah satu dari 3 line supply terputus. Kondisi phaseloss merupakan keadaan terburuk dari unbalance voltage.Jika elmot beroperasi saat terjadi phaseloss, ia akan terus berusaha berputar dengan daya yang sama untuk memutar beban. Elmot akan terus berusaha memutar beban sampai motor terbakar atau starter TRIP !
Penyebab terjadinya phaseloss adalah sbb :
1. Loss kontak pada starter (MCCB/NFB, Contactor atau terminal).
2. Thermal Overload relay yang terputus salah satu fasanya.
3. Salah satu fuse terputus.
Jika terjadi phaseloss maka, dua phase yang lain akan dialiri arus setidaknya 1.73X dari arus normal(silakan dihitung dengan persamaan star-delta). Misal untuk elmot dengan aplikasi ringan dibebani 70%, saat terjadi phaseloss arus akan naik menjadi 120% FLA. Misalkan setting overload pada 125% FLA maka “SAY GOOD BYE” pada elmot tersebut.
Voltage Unbalance
Jika tegangan diantara tiga phasa adalah sama, arus yang mengalir akan sama pula disetiap phasanya. NEMA standart merekomendasikan untuk elmot dan generator maksimum unbalance tegangan adalah 1%.Saat terjadi unbalance, arus elmot akan naik dan jika berjalan terus menerus elmot akan terbakar.
Batasan 1% tersebut bisa diatasi dengan menurunkan beban elmot. Jika beban elmot diturunkan maka toleransi unbalance tegangan bisa lebih longgar.
* Saat Unbalance 1%, penurunan beban menjadi 98 %
* Saat Unbalance 2%, penurunan beban menjadi 95 %
* Saat Unbalance 3%, penurunan beban menjadi 88 %
* Saat Unbalance 4%, penurunan beban menjadi 82 %
* Saat Unbalance 5%, penurunan beban menjadi 75 %
Unbalance tegangan bisa disebabkan beberapa hal berikut :
1. Beban Single Phase yang tidak seimbang di setiap phase.
2. Jaringan Delta terputus.3. Terjadi phaseloss di trafo.
4. Tap setting trafo yang tidak tepat.
5. Power Faktor Corecction tidak sama atau off-line.
Adapun untuk mengetahui unbalance tegangan sebagai berikut:
1. Hitung tegangan rata -rata.
Vtot = (Vr + Vs + Vt)/3
2. Cari selisih terbesar antara tegangan rata-rata dengan tegangan line.
Vd = V – Vtot
3. Unbalance % = (Vd/Vtot) X 100%
(Dicuplik dari Cooper Bussman)
Pos ini dipublikasikan di bayu pancoro, electric, Electric fo Dummies, listrik dan tag , , , . Tandai permalink.

45 Balasan ke ELEKTRO MOTOR PROBLEM (3 PHASE)

  1. bentar berkata:

    Ada penjelasan detail ttg Trafo 3 phasa gak?…
    please gw lg butuh

  2. irwansyah berkata:

    Tolong dong diulas cara rewinding elektromotor 3 phase putaran 1500 rpm dan 3000 rpm

  3. Hendra berkata:

    Bang,

    Aku pengen bisa nentuin besarnya diameter kabel* yang di butuhin tanpa harus ngeliat tabel, gimana ya ? Punya rumusnya kan ?

    please help me…!!! Aku tunggu lho !

    Thx b4

    Ahen Bdg

    * NYM or NYY

  4. aan berkata:

    ada gambar skema start stop motor induksi 3 phase ga?
    yg pke lampu indikator run stop n foult. ane btuh ne.
    kl blh krim k imelku yia……
    thanx before

    ##
    Dipostingan terakhir ada link wiring diagram DOL starter, di softstarter-2 juga ada, lainnya menyusul. Ssilakan ambil sendiri yach !

  5. Nanang Smart TBK berkata:

    tolong minta cara rewinding motor induksi putaran 3000 alur 36, disertai rumus perhitungan dan gambarnya

  6. dedi berkata:

    MOHON PENCERAHAN

    maaf agak keluar jalur artikel
    untuk efisiensi motor:
    apakah motor dengan horizontal mounted dibandingkan vertikal mounted, efisiensinya berbeda? lebih tinggi yang mana?

    untuk Power factor? pengaruhnya ke efisiensi apa ?
    untuk safety factor? pengaruhnya ke effisiensi ?

    kalau efisiensi motor 60 % itu menyatakan apa? apakah kw yg terpakai hanya 60 % ?

    ditunggu jawabannya dan beribu terima kasih banyak
    kalu dijawab ke email saya jg saya lebih berterima kasih.
    dedi.mulyadi@yahoo.com

    Dedi – bandung

  7. bayupancoro berkata:

    Coba saya jawab. Sepertinya bentuk motor horisontal/ vertikal ga ada hubungannya dengan efisiensi. Speknya aja yang beda.

    Pertama, Efisiensi adalah = Daya out put/ daya Input
    Power faktor jelas berpengaruh ke efisiensi listrik, karena motor terdapat R dan XL. Sepertinya saya sdh pernah tulis di sini. Safety factor ke efisiensi ??

    Efisiensi 60% artinya, anda perlu daya 100 untuk menghasilkan 60.
    Semoga membantu.

  8. Hilal berkata:

    Mohom bantuannya…

    Om, saya punya masalah nih.
    Saya bingung bagaimana perhitungan/rumus untuk menganalisa Arus starting motor yang tinggi?!
    seperti pada metode softstarter.

    ditunggu jawabannya.
    saya ucapkan banyak-banyak terimakasih.

  9. S. EKO. berkata:

    Tolong donk…
    diulas cara rewinding motor induksi 3 phase,
    untuk putaran 1500 dan 3000 Rpm
    berikut rumusnya ya…..
    thx……….

  10. rudi berkata:

    Mas, mohon penjelasan mengenai sistem proteksi motor induksi 3 phase.
    kalau punya teori2 yang berkaitan, tolong dibagi mas…
    terimakasih.

    salam.
    Rudi

  11. Danang berkata:

    da yg tau penjabaran rumus Vtot seperti Vt rumusnya apa?

  12. miki berkata:

    Mas, mohon penjelasan mengenai sistem proteksi motor induksi 3 phase.
    kalau punya teori2 yang berkaitan, tolong dibagi mas…
    terimakasih

  13. rukono berkata:

    mas. saya punya problem di motor ac. ditempat saya kerja sering banget rewinding motor karena terbakar. yang penyebabnya masca2:
    1. bearing macet ( jarang )
    2. Lose phase
    3. tersiram air ( insulation leak ) daerah basah

    mas bisa tidak saya dikasih solusi pakai alat apa biar motor cepat terdeteksi bila terjadi kenaikan ampere.selain pakai Overload thermal motor ?
    ada tidak limit berapa kali motor boleh direwinding ?
    terima kasih

    >> Ada di tulisan Electronic Over Current Relay dan yang berhubungan dengan itu. Kalau lebih detail, japri aja Pa..

    Thanks

  14. Sani berkata:

    Tlg ksh tau hub antara i,alpa n T dunkz. Thx a lot.

  15. hadi berkata:

    met siang…
    maaf pak, boleh minta file yang dari NEMA tentang standart unbalance ?
    kl bisa tlng kirimkan ke email saya di timboelz_03@yahoo.com. untuk bukti ada pa g nya..
    makasih sebelumnya..

  16. MJTU berkata:

    Solusi motor 3 phasa ada di sini

  17. agus berkata:

    bagaimana cara merangkai overload contactor yg benar dan merk apa yg sebaiknya di pakai makasih

  18. Makmun berkata:

    Pakmohon dibantu apa pengaruh frekuensi terhadap motor. karena ada yg 60 hz dan 50 hz, kalau yg 60 hz kita ganti ke 50 hz apakah ada masalah nantinya

    >> Trims. RPM Motor AC dipengaruhi oleh frekuensi.

  19. dd berkata:

    om mohon dibantu, motor ditempat saya 147 kW ada 5 dipasang parararel untuk pompa air 100 l/s, pada saat dioperasikan 3 unit & 2 stanby salah satu motor yang beroperasi trip dan indikator pada cu 3 muncul curent unbalance. saya ukur tegangan sumber ketiga soft star motor RS=385, RT=385, ST=395.Nah kira-kira kenapa yang trip kok hanya salah satu saja kenapa tidak semua trip

    >> Wah, proteksinya mewah sekali Pak, CU3. Itu indikasinya Current Un-balance Pak… R, S T beda berapa ampere ??

  20. taufiqsabirin berkata:

    btw mas bayu saya pernah menemui kasus motor burn out dimana proteksi overload atau fuse-nya sepertinya tidak bekerja.

    Module starter yang digunakan adalah SIEMENS tipe SIMOCODE. Module ini memiliki proteksi elektronik untuk thermal overload dan konvensional fuse untuk short-circuit.

    Sebelum motor terbakar, module ditemukan indikasi general fault dan setelah di-reset kemudian di-start barulah motor tadi terbakar. Berarti ada kemungkinan motor terbakar sebelum proteksi sempat bekerja?

    >> Proteksi electronic ada banyak juga yang mengadopsi karakteristik thermal artinya dengan sistem grafik inverse. Untuk kejadian motor terbakar seperti itu sering terjadi, pertama proteksi bekerja atau trip. Nah trip ini mungkin kondisi motor sudah stadium 4 kali…. nah jika di start, bye..bye lah…

  21. IWAN berkata:

    SAYA PUNYA MASALAH.SY PUNYA LISTRIK 3PHASE SETIAP SY HIDUPKAN SATU PAHSE TEGANGAN KURANG DARI 200V TAPI KL SAYA HIDUPKAN POMPA TIGA PHASE TEGANGAN BISA NAIK 220 ATAU 210V
    ATAU 380
    KENAPA BISA BEGITU TOLONG DI JELASKAN

    >> Wahh… Sori ga bisa bantu kalu dengan tulisan saja, harus langsung. Trims

  22. bembenk berkata:

    bos tolong gambarin skemanya lebih jelas lagi

    >> Sudah ada wiring diagrammnya kok. Thx

  23. eka rohman berkata:

    w minta tolong donk contoh makalah tentang motor 3 phasa.
    thaks

  24. Nazzrie berkata:

    Numpang nanya berapa kali motor 200 kw boleh di rewinding

  25. syamsul berkata:

    pa bayu mohon diulas gambarn rewinding untuk 72 alur putaran 1000 rpm trimks

  26. syamsul berkata:

    mohon diulas rewinding untuk elmot 72 alur 1000rpm tks.

  27. cempung berkata:

    cara mengatasinya bagaimana ?

  28. Simon pasanda berkata:

    mencari pekerja elektro motor dan tehknisi cold storage. jika anda berminat hubungi Hp.08114203197 atau kirim ke e-mail simon.pasanda@yahoo.com.

  29. thella berkata:

    mau nanya, itu akar 3 di hubungan delta dan wye dapet dari mana yaa, ada turunan rumusnya gak, plis bantu, makasih.

  30. adnan berkata:

    maksimum berapa kali,sebuah motor listrik direwind coilnya

  31. adnan berkata:

    berapa kali sebuah motor itu bisa direwind coil nya

  32. bagoaz berkata:

    numpang nanya,kalau mau ngecek saluran RST itu balance atau unbalance pakai alat apa ya???makasih

  33. yudha hapdila.ST berkata:

    dear bapak pemilik blog

    salam dari saya yang baru belajar ilmu listrik,
    1. apakah bapak membuka class khusus untuk pemula dalam hal dunia listrik
    2. setiap pembahasan yang dimuat selalu menarik untuk dipelajari lebih jauh dan dalam, tetapi minim dengan skema atau gambar yang memudahkan dalam pencernaan
    3 mungkin saya bisa dibantu pembelajaran program plc industri dalam setiap kasus yang pernah ada, di mulai dari yang lebih mudah

    terimakasih

    yudhahapdila@ymail.com

  34. ardhi berkata:

    met malam bang,,

    saya masih awam neh soal motor listrik. diharapkan skali bantuannya,, kmren saya dapet trouble,, kmarin saya installasi motor 100 Hp,3 phase.jd bgini bang,waktu di connect terjadi salah putaran. lalu kita ubah conection kabel wye-delta di panel controlnya.lalu setelah arah putaran benar, terjadi trip di panel induk (PLN) saat motor running ke delta. lalu diubah lagi sampai saya sendiri juga lupa bgaimana critanya yg pada akhirny (*)motor runing dan tidak trjdi trip di panel,akn ttapi ktika motor runing delta,motor berhnti brputar dan arusnya kosong(dicek dgn tang ampere nilainya nol,,pdahal waktu running wye bebannya sekitar 200A),dan dr kontaktor delta ad tgangan,hnya saja tdk ad beban..setelah incoming diubah (CB Utama di panel control) yang R ke S dn sbaliknya. barulah smua brjalan normal.

    bisa tolong dijelaskn ga bang kenapa motor brhenti berputar setelah brhasil runing di delta (*).

    trima kasih.

  35. sardi a s berkata:

    berapa temperatur elektrik motor yang direkomondasikan saat beroperasi 24 jam.

  36. muhammad arief berkata:

    yuk,,,,ikutan gabung….

  37. Opik berkata:

    Pagi master saya mau tanya.apa penyebab indikasi kontaktor pada modul electrik.tolong kirim ke email saya opikgunawan@yahoo.com

  38. Ady berkata:

    selamat siang,
    mohon bantuannya, sy menggunakan electric motor 7,5 kw 960 rpm yg dihubungkan langsung ke screw pump tanpa menggunakan gear box motor. electric motor ini menggunakan inverter sehingga rpm yg kita inginkan bisa diatur. knp pada saat motor run dalam waktu kurang lebih 15-20 menit motor menjadi panas. thax

  39. Gan mau tanya, apakah sudah ada/dibuat pabrik alat pemutus aliran listrik ketika tegangan listrik di rumah tiba-tiba naik/berlebih kalo ada apa nama alatnya dan di mana bisa pesan.

    Mohon info ke asepsp@gmail.com Terima kasih,

    ttd.
    Asep S.

  40. denmas berkata:

    Mas…. ada elektro motor 250 hp… yg seken.

  41. Adi w berkata:

    Mohon di terangkan bagaimana cara kerja motor brake pada motor listrik.terima kasih atas penjelasannya

  42. yusran roy berkata:

    oh ia pak tolong jelaskan secara rinci,,,mengapa motor listrik bisa terbakar yang bisa disebabkan oleh debu atau kotoran,,,,kalau bisa jelaskan kaitannya dengan arus dan tegangannya.trimakasih pak

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s