Bandara – The Serries (2)

Juanda International AirportWah, dari namanya Juanda International Airport keren juga ya. Sekedar meluruskan, sebenarnya airport ini tidak berada di kota Surabaya, tetapi di pinggir kabupaten Sidoarjo yang berbatasan dengan wilayah Surabaya. Mungkin sebutannya Juanda Intenational Airport Surabaya (SUB) hanya karena orientasi bisnis semata demikian halnya dengan Soekarno – Hatta (CGK). Sebagaimana diketahui, airport/ bandara Juanda telah pindah ke lokasi baru bergeser lebih ke utara. Sementara lokasi lama kembali dipergunakan kembali oleh Angkatan Laut. Untuk menuju kesana, sebenarnya telah dipersiapkan jalur tol dari bundaran Waru sampai ke Juanda. Tetapi karena masalah pembebasan lahan yang berlarut-larut sampai saat ini jalan tol tersebut masih berupa monumen saja.

Setelah beberapa kali mempergunakan jasa Juanda International Airport ada beberapa hal menarik yang perlu menjadi catatan. Mengingat bandara ini adalah bandara internasional, tentunya diharapkan stadart pelayanannya harus berlevel internasional (airport tax rp 30rb juga). Tranportasi umum untuk menuju ke bandara bisa dengan dua cara yaitu taxi dan bus bandara. Yang perlu menjadi perhatian adalah bus bandara, mengingat status bandara Juanda sepertinya tidaklah layak kondisi bus tersebut dan service yang di tangani. Sebagai gambaran, rute bus ini hanya bandara Juanda ke terminal bus Bungurasih dan sebaliknya (Rp 10rb). Jadi kalau mau menuju tempat lain harus lewat terminal bus dulu. Kondisi bus juga jangan dibayangkan seperti yang ada di bandara Soekarno – Hatta, hanya bus 3/4 (bis ijo versi suroboyo) dengan fasilitas AC. Jumlah bus bandara sepertinya juga tidak sebanyak di Soekarno -Hatta. Jadi kalau berminat mempergunakan jasa bus bandara harus beradu cepat dengan penumpang lain.

Mempergunakan jasa taxi keluar Juanda International Airport, terlebih dahulu harus membeli voucer taxi di loket (sepertinya ada 2 loket saja). Begitu sampai depan loket tinggal mengatakan tujuannya, misal “Geluran – Sepanjang – Sidoarjo” charge yang dikenakan 60rb. padahal kondisi lewat jalan normal 50rb dan jalan tikus 43rb saja (mahal !). Bayangkan jika kondisi bandara sedang ramai (biasanya Jum’at atau Sabtu), hanya dilayani max. 2 loket berapa lama harus antri taxi mahal. Setelah memperoleh voucer, kembali harus antri untuk giliran dapat taxi, ya benar giliran. Jadi kalu giliran kita dapat taxi jelek ya tidak bisa complain begitu pula sebaliknya! Mayoritas taxi yang ada di sana adalah anggota PIMKOPAL/ taxi Prima ( yang tidak prima) dengan kondisi yang tidak layak untuk beroperasi di bandara bertaraf internasional ini. Tetapi ada cara untuk mendapatkan taxi yang layak. Setelah turun dari pesawat langsung menuju bus bandara dan tidak menggunakan taxi. Begitu diluar bandara/ mendekati terminal Bungurasih (daerah Makro dan Aloha) langsung turun. Di sekitar tempat tersebut banyak taxi yang lebih bagus dan murah (overall), Blue Bird group atau Silver.

Saat menunggu jadwal penerbangan pesawat di gate, adakalanya ingin BAB atau BAK. Ruang tunggu/ Gate di Bandara Internasional Juanda tidak dilengkapi dengan fasilitas ini didalamnya. Jadi jika ingin melakukan hal tersebut harus keluar gate terlebih dahulu. Setelah selesai sebelum masuk gate harus melalui security check lagi. Mungkin hal ini sepele, tetapi bila bepergian sendiri dengan tas bawaan yang lumayan hal ini bisa jadi merepotkan. Atau ini hanya karena berada di penerbangan domestik saja ?? Seharusnya tidak demikian adanya.

Secara umum, kualitas Juanda International Airport meningkat secara fisik bangunan. Tetapi untuk service pelayanan adalah “sami mawon”. Semoga para pejabat bisa memperbaiki dan mengelola agar benar benar menjadi airport bertaraf internasional.

Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s