Hemat BBM ?

Pernahkah kita mengukur konsumsi BBM kendaraan kita ?? Berapa kilo jarak mampu ditempuh per 1 liter BBM.Harga minyak dunia seperti di koran hari ini telah menembus level USD 96 per barel. Dan masih menurut koran jika harga ini terus berlanjut maka subsidi BBM negara kita akan mencapai 96 T. Bagaimana jika harga minyak menembus USD 100 per barel. Sebuah angka yang fantastis untuk sebuah subsidi. Apakah APBN mampu menyediakannya ? Sebagai informasi, di APBN(P) 2006 konsumsi premium bersubsidi mencapai 17 Juta Kilo Liter.

Ditengah krisis minyak dunia saat ini pemerintah seolah melakukan pembiaran terhadap pemborosan pemakaian BBM di kendaraan, baik milik pemerintah/dinas maupun swasta. Saat ini mobil bensin dengan konsumsi 12 km/ ltr sudah banyak ditemukan. Bahkan untuk merk tertentu bisa lebih dari 12 km/ ltr. Tapi apa lacur, mayoritas mobil bensin yang berkeliaran di jalanan adalah mobil boros BBM. Bahkan tak jarang kita bertemu dengan mobil mobil pejabat yang sangat boros BBM. Dan yang lebih aneh lagi, pemerintah seolah tak perduli saat ATPM mengeluarkan mobil boros BBM. Jika pemerintah perduli sudah seharusnya pembatasan konsumsi BBM mobil diberlakukan. Intinya, mobil boros dilarang beredar di Indonesia.

Andai saja mobil bensin yang banyak beredar mempunyai rata rata konsumsi 8km/ltr semua diganti dengan mobil yang konsumsi 12 km/ltr. Maka penghematan yang didapat adalah 50%, fantastis. Di mulai dari mobil plat merah yang dimiliki pemerintah dulu, dengan jumlah Pemda I 33 propinsi, Pemda II 500 kab/kodya. Ingat tiap Pemda mempunya dinas dan wakil rakyat yang mempergunakan mobil plat merah ini. Jadi sangat mungkin untuk dilakukan penghematan.

Mari berhitung hitung dengan kasar, misalnya jika mampu berhemat 15% dari 17 juta kilo liter berarti sekitar 2,5 juta kilo liter atau senilai Rp 11,25 T (dengan asumsi harga premium bersubsidi Rp 4.500).

Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s