Variable Speed Drive (VSD) aka. INVERTER

Aplikasi variable speed banyak  diperlukan dalam industri. Jika sebelumnya banyak dipergunakan system mekanik, kemudian beralih ke motor slip/ pengereman maka saat ini banyak menggunakan semikonduktor. Tidak seperti softstarter yang mengolah level tegangan, inverter menggunakan frekuensi tegangan masuk untuk mengatur speed motor. Seperti diketahui, pada kondisi ideal (tanpa slip)

               

        RPM = 120 . f         

                      P

Dimana:

RPM          : Speed Motor (RPM)

F               : Frekuensi (Hz)

P              : Kutup motor (pole)

 

Jadi dengan memainkan perubahan frekuensi tegangan yang masuk pada motor, speed akan berubah. Karena itu inverter disebut juga Variable Frequency Drive.

 

Prinsip kerja inverter yang sedehana adalah :

  • Tegangan yang masuk dari jala jala 50 Hz dialirkan ke board Rectifier/ penyearah DC, dan ditampung ke bank capacitor. Jadi dari AC di jadikan DC.
  • Tegangan DC kemudian diumpankan ke board inverter untuk dijadikan AC kembali dengan frekuensi sesuai kebutuhan. Jadi dari DC ke AC yang komponen utamanya adalah Semiconduktor aktif seperti IGBT. Dengan menggunakan frekuensi carrier (bisa sampai 20 kHz), tegangan DC dicacah dan dimodulasi sehingga keluar tegangan dan frekuensi yang diinginkan.

Untuk pemasangan inverter sebaiknya juga dipasang unit pengaman hubung singkat seperti Seconductor Fuse atau bisa juga Breaker. Ini seperti pada pemasangan softstarter hanya saja tanpa contactor bypass.

 

Pengontrolan start, stop, jogging dll bisa dilakukan dengan dua cara yaitu via local dan remote. Local maksudnya adalah dengan menekan tombol pada keypad di inverternya. Sedangkan remote dengan menghubungkan terminal di board control dengan tombol external seperti push button atau switch. Masing masing option tersebut mempunyai kelemahan dan keunggulan sendiri sendiri.

 

Frekuensi dikontrol dengan berbagai macam cara yaitu : melalui keypad (local), dengan external potensiometer, Input 0 ~ 10 VDC , 4 ~ 20 mA atau dengan preset memori. Semua itu bisa dilakukan dengan mengisi parameter program yang sesuai.

 

Beberapa parameter yang umum dipergunakan/ minimal adalah sebagai berikut (istilah/nama parameter bisa berbeda untuk tiap merk) :

  • Display : Untuk mengatur parameter yang ditampilkan pada keypad display.
  • Control : Untuk menentukan jenis control local/ remote.
  • Speed Control : Untuk menentukan jenis control frekuensi reference
  • Voltage : Tegangan Suply Inverter.
  • Base Freq. : Frekuensi tegangan supply.
  • Lower Freq. : Frekuensi operasi terendah.
  • Upper Freq. : Frekuensi operasi tertinggi.
  • Stop mode : Stop bisa dengan braking, penurunan frekuensi dan di lepas seperti starter DOL/ Y-D.
  • Acceleration : Setting waktu Percepatan.
  • Deceleration : Setting waktu Perlambatan.
  • Overload : Setting pembatasan arus.
  • Lock : Penguncian setting program.

Jika beban motor memiliki inertia yang tinggi maka perlu diperhatikan beberapa hal dalam acceleration dan deceleration. Untuk acceleration/ percepatan akan memerlukan torsi yang lebih, terutama pada saat start dari kondisi diam.

 

Pada saat deceleration/ perlambatan, energi inertia beban harus didisipasi/ dibuang. Untuk perlambatan dalam waktu singkat atau pengereman, maka energi akan dikembalikan ke sumbernya. Motor dengan beban yang berat pada saat dilakukan pengereman akan berubah sifat menjadi “generator”. Jadi energi yang kembali ini akan masuk ke dalam DC Bus Inverter dan terakumulasi di sana karena terhalang oleh rectifier. Sebagai pengamanan, inverter akan trip jika level tegangan DC Bus melebihi batas yang ditoleransi.

 

Untuk mengatasi tripnya inverter dalam kondisi ini diperlukan resistor brake. Resistor brake akan membuang tegangan yang lebih dalam bentuk panas. Besar kecilnya resistor brake ini sangat tergantung dengan beban dan siklus kerja inverter.

Pos ini dipublikasikan di bayu pancoro, electric, Electric fo Dummies, listrik dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

219 Balasan ke Variable Speed Drive (VSD) aka. INVERTER

  1. yessi pujiyanti berkata:

    what a great blog…
    membantu sekali, thank u so much..

  2. bayupancoro berkata:

    Sama sama …..

    Terima kasih jika merasakan manfaatnya.

  3. masitha annastasia berkata:

    artikel bagus yang sangat membantu.
    Tapi adakah manfaat lain dari pemakaian VSD selain mengubah kecepatan motor? Trims sebelumya.

    • jaka berkata:

      selain untuk mengubah kecepatan motor, VSD bisa juga untuk memperbaiki cos phi listrik. Sedangkan cos phi merupakan parameter untuk kestabilan tegangan dan frekwensi listrik. So… dengan VSD, kita sudah melakukan penghematan energi alias biaya akibat cos phi yang sewaktu-waktu berubah.

      Tambahan : alangkah baiknya, setiap motor yang dipakai dalam aplikasi pengaturan kecepatan motor menggunakan VSD. VSD merupakan salah satu solusi cos phi yang berubah akibat keberadaan trafo, motor dan generator serta capacitor bank yang semakin tidak baik dimakan usia.

      >> Trims.

  4. bayupancoro berkata:

    Ada, dan saat ini menjadi isu utama di dunia industri. Yaitu VSD sangat membantu untuk Saving Energy.

    Trims

  5. offshore engineer berkata:

    VSD, saya pernah menggunakan sebuah alat yang kerjanya berdasarkan vsd ini untuk menggerakkan pompa atau lebih tepatnya electrical submarine pump atau esp.
    VSD ini saya gunakan untuk mengontrol arah putar pompa dengan mengikuti frekuensi yang kita kehendaki, sehingga kerja pompa tidak langsung ekstrim berat, hal ini dikarenakan ingin men-start up esp yang sudahlama tidak dijalankan.

    ## Aplikasi VSD pada pompa memang sangat bagus dari sisi kinerja pompa dan saving energynya. Untuk aplikasi submersible hati hati dengan panjang kabelnya. Kabel konduktor antara VSD dan motor ada batas maksimalnya.

    • sekitar 40 meter batas max. kabel normal..
      untuk beban torque seperti air, udara, oli dan semacamnya antara speed frekunesi sebanding dengan arusnya.. jadi penghematan VSD ini dilakukan dengan mengurangi frekuensi sesuai yang diperlukan agar terjadi penghematan secara maximal… mohon dikoreksi

  6. arma berkata:

    mas bayu.. blog nya sangat membantu saya… betul pemasangan inverter/vsd akan mengakibatkan hemat energy..
    besar kecilnya saving energy, ditentukan oleh pengaplikasian inverter di sistem apa terlebih dl..
    yang terasa sangat besar saving biasanya pada aplikasi fan n pump..
    bkn seperti sistem2 yang membutuhkan torsi konstan..
    salam kenal dari saya mas bayu..

    ## Terima kasih atas tanggapannya.

  7. Arif berkata:

    Mas, ada info tentang trafo khusus yang dipasang sebelum masuk ke VSD gak? yang biasanya digunakan untuk meredam harmonik yang dihasilkan VSD, biar tidak terlalu berpengaruh besar ke sistem kelistrikannya..
    Makasih banyak infonya

    ## Ada. Biasanya ini optional, kalau ingin pasang ya tinggal request ke penjualnya saja (biasanya indent).

  8. Arma berkata:

    Mas bayu.. Minta pertolongannya..
    Bbrapa hari yg lalu ada trouble.. Motor 15kw 380v. Saya running pake inverter.. Mslhnya arus yg ke mtr ga imbang, selisihnya 1 ampere.. Terminal
    U : 10,1 amp,
    V : 11,2 amp,
    W : 10,2 amp.
    Untk tegangan antar terminal imbang, saya lupa nominalnya..
    Padahal sdh saya cek igbt nya normal.. Yg mau saya tanyakan apakah itu normal antar terminal kluarannya selisih 1ampere? Mtr dirunning belum tanpa beban mas.. Kiranya ada indikasi krusakan dimn?
    Oh ya mas saya boleh minta no hp nya?
    Ini no hp saya 085228950035
    Id ym : arya_525

    Terima kasih sebelumnya..

    ## Trims. Motornya OK? Panjang kabel ?

  9. dwi kusnanto berkata:

    bagaimana sistem kerja inverter untuk bisa saving energi pada saat full speed(50hz/sama dengan star delta)dan berapakah nominal savingnya

    ##
    Kalo aplikasi full speed saving energy kecil sekali.

    • ashari ahmad berkata:

      secara perhitungan …di speed 50 Hz << sangat minim kalau kita merujuk konsep saving energi ,,tapi ada sedikit saving secara electrikan dan juga saving secara mecanikal ,,dengan fitur acceleration dan deceleration,,,kalu mau detai perhitungan saving dapat di hitung dengan ,,,P = V x akar 3 x I x cospi

  10. hikmatullah berkata:

    alow mas bayu, saya anak te unibraw jg lo, klo vsd altivar 61 keluaran scheneider punya referensinya ga mas,thanx

  11. Alexius Dwi Krisnanto berkata:

    Dear Bapak Bapak,

    Maaf pAk Moderator,

    Perkenalkan saya Alexius Dk,

    Saya akakn bantu untuk Bpk.hikmatullah kalomau mencari aplikasi untuk VSD Schneider.
    mulai dari tipe lama dan baru, saya ada wiring aplikasinya.
    silakan bapak japri ke saya.
    alexius.krisnanto@gmail.com

    Thank you.
    Alexius.
    siap membagi ilmu ttg VSD dan SS

    • kadek trisnaarta berkata:

      perkenalkan saya kadek. saya masih kul dan sedang membahas skripsi tentang VSD.

      mau tanya dikit….dari hasil analisa saya perbandingan energy starting antara VSD dengan softstarter koq lebih besar VSD???
      saya agak ragu dengan hasil itu…bisa minta bantuan penjelasan ga???
      thanks

    • oscar berkata:

      Dear Pak Alexius,

      Salam kenal sebelumnya,.

      Apikasi Altivar 61 ini bisa digunakan untuk apa aja pak…
      Bisa digunakan untuk pompa juga kan pak…?
      Soalnya saya mau menggunakannya untuk motor pompa air yang dipasang secara vertikal…
      Mohon tanggapannya ya pak…

      thank’s

  12. dwi kusnanto berkata:

    mau nanya kenapa motor slippering tidak bisa pakai vsd.

    • bayupancoro berkata:

      # Belum pernah nyoba slipring distart dengan inverter. Tetapi sempat bertanya ke beberapa agen merk mereka sanggup kok untuk membuat starter motor slipring dengan inverter. Seharusnya dengan menghubung singkat jalur slipring/ resistor, motor akan seperti motor sangkar biasa.

    • zf berkata:

      penggunaan vsd pada winding rotor motor(slip ring),dapat mengeliminasi penggunaan rotor starter karena torsi start dapat diatur sesuai kebutuhan

  13. si_awam berkata:

    mas bayu bikin postingan masalah servomotor dunk, klo bisa yang dipake pada EMV (Electric Motor Valve)

  14. heru berkata:

    mas pancoro saya masih awam neh about inverter.kalo output dari inverter itu berupa tegangan ac atau dc?
    terima kasih jawabannya

  15. erwin berkata:

    Hai mas pancoro.
    Salam kenal ya.
    Saya erwin di lampung.
    Boleh tanya sedikit gak. Saya ada masalah sedikit dengan inverter. saya punya motor 1 hp 1 phase, kemudian saya mau bikin variable speed agar bisa diatur cepat lambat putaran dengan input power 220v 1 phase. gimana ya mas caranya, atau ada referensi merk atau inverter tipe apa. saya dengar katanya motor yang dipakai harus 3 phase ya. Terus saya juga mau pasang tachometer di mesin untuk melihat motor berputar di rpm berapa? alatnya bisa dibeli dimana ya mas. Thanks infonya

    salam

    Erwin

  16. Daniel berkata:

    Apakah inverter dapat dipakai pada aplikasi eskalator?? Setau saya ada eskalator otomatis yang bergerak ketika ada orang melewati. Kalau tidak ada orang, maka eskalator tersebut akan berhenti. Tentu saja dengan nyala-matinya eskalator akan membutuhkan energi lebih banyak. Apakah aplikasi inverter dapat digunakan pada eskalator shg energi dapat dihemat?? Ada referensi link kah??

  17. Rin berkata:

    aloo mas…..saya mau nanya..
    batas maksimal kabel kondukdor antara VSD dan motor tu berapa ya mas????

    trims

  18. Yudo berkata:

    fungsi Line Choke serta EMC Filter itu untuk apa ya?

  19. nizar alamsyah berkata:

    blog yang bagus. saya sering membuat aplikasi inverter untuk saving energi pompa dan fan. kalo ada yang butuh boleh japri ke saya. nizar.alamsyah@multijm.com

    >> Ok, noted. Thx

  20. R10 berkata:

    Blog yg bagus, untuk tukar informasi VSD,kalau bisa lebih dikembangkan lagi..kalau saya boleh ikutan mungkin kita bisa sharing disini ya mas.

    thq

    >> Terima kasih atas apresiasinya.
    Silakan jika mau membagi informasinya untuk di post di blog ini. Terima kasih sebelumnya.

  21. Didi berkata:

    Mantap ni info bisa buat tambah ilmu dikit?

    >> Trims

  22. R10 berkata:

    Maaf mas bayu..kalau boleh saya komentari pertanyaan mas yudo soal Line choke & EMC Filter. Kalau setahu saya :
    1. Line choke berfungsi memperbaiki kwalitas tegangan yg masuk ke dlm VSd (HarmonicFilter)
    2. EMC filter berfungsi mengurangi pengaruh electromagnetic interferen yg dihasilkan oleh VSD itu sendiri maupun pengaruh dari jala supply.

    Semoga terjawab.

  23. Fatah berkata:

    Mas tolongdong minta rangkaian lengkap inverter IGBT, sama nilai komponennya, saya lagi nyusun TA

  24. Antok berkata:

    memang VSD banyak diperlukan silahkan lihat http://www.powtran.web.id, support yang bagus dari supplier VSD sangat diperlukan.

    >> Trims.

  25. jaka berkata:

    salam kenal,
    thanks nih untuk info teman2. Senang bisa bertemu dengan teman seprofesi.

    >> Trims, atas apresiasinya

  26. tonny sapri berkata:

    apakah motor yang dipergunakan adalah motor listrik biasa /umum? apakah rangkaian tersebut ada yang di jual jadi ( tnp hrs merangkai dulu)?

    terima kasih infor nya

    >> Trims. Pakai motor biasa dan alatnya emang di jual unit.

  27. Arif Ispramoko berkata:

    mas saya bisa minta tolong dikirimi data pengaturan VSD untuk handling pompa mas?? terima kasih..ke alamat email Berlinov_DeMoelis@yahoo.com
    Saya sangat tertarik dengan pemanfaatan VSD di dunia industri…mohon bantuannya..terima kasih..

  28. alfiah berkata:

    mas saya ingin skema rangkaian dan komponen apa saja yang diperlukan bila kita membuat inverter dengan daya 1000 watt ke atas, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    >> Waduh, setau saya komponen vitalnya ya IGBT, SCR, Cap Bank, dan board controll… , Sorry kalo ga bisa bantu.

  29. masjoko berkata:

    salam mas saya bisa minta tolong dikirimi data pengaturan VSD sama programming nya egak….saya pkai programing 8051…tq mas
    ni alamat email saya wormunimap@gmail.com..makasih mas

    >> Wah, ini saya nggak ngerti maksudnya. Programnya kan udah ada di unitnya. Sorry ga bisa bantu.

  30. cahyo agomo berkata:

    ora bakal rugi lo mas, shodaqoh ilmu…………

    >> Trims

  31. jaka berkata:

    wow makin ramai aja nich…. thanks info2nya

  32. jimmi berkata:

    salam kenal, saya mau nanya dong,
    inverterkan dipakai untuk motor AC, itu induksi aja, atau buat slipring juga, trus aplikasinya sama ama clocker (converter)?
    trus carbon brush pada slipring bisa diganti ga pakai copper biar lebih kuat?
    sory ya banyak nanya?

    >> Trims. Saya belum pernah pasang pada slip ring motor. Tapi bisa kok, coba merk Fuji, AB dkk

  33. Andi berkata:

    Salam Kenal, saya mau nanya, apa bisa motor 50 Hz kita beri frekuesni lebih misalnya 60 atau 70 Hz, apa dapat merusak motor, thanks

    ada yang bisa bantu?

    >> Bisa, tergantung spek motornya.

  34. Richie berkata:

    Salam kenal, saya mau nanya ni mas..Saya sdng ada mslh pd inverter, tegangan outputnya timpang sebelah. Ada selisih sktr 60 Volt di fase V (tanpa beban motor). Pengukuran dilakukan antara fase U,V,W terhadap GND. Kira2 baian apa yg masalah pd inverter? Trims atas bantuannya.

  35. boy berkata:

    bagaimana cara kerja inverter yang bisa menghasilkan 3 fasa dari 1 fasa

    >> Pada awalnya sampai DC bus sama setelah itu baru dibedakan. Trims

  36. jaka berkata:

    Andi :…..
    untuk motor dengan kapasitas frekwensi yang diubah-ubah sebenarnya anda bisa pakai Drive. Frekwensi yang diubah-ubah tidak menjadi masalah. Dan aman-aman saja. mengubah frekwensi biasanya dipergunakan untuk mengubah kecepatan atau speed motor itu sendiri.
    Drive bisa untuk motor AC dan DC tergantung spesifikasinya.

  37. Ryan berkata:

    Mas bayu…
    Saya tertarik dengan pemakaian VSD untuk efisiensi daya penggunaan pompa.ada 4 buah pompa elect motor daya 300 kW di tempat saya yang pemakaiannya jauh di bawah kapasitas normal (50% kapasitas normal), dan hal ini pemborosan energi, dan masalahnya saya buta sekali dengan alat vsd ini mas..apakah dengan penggunaan vsd ini bisa menyesuaikan daya yang dibutuhkan, sehingga mengurangi pemakaian listrik…ada referensi yang bisa saya baca ga mas??kalo ada minta tolong dikirim ya ke email saya rynhndr@yahoo.com…terima kasih banyak sebelumnya

    >> P Ryan, jika menggunakan VSD pasti lebih hemat. Untuk tulisan yang lebih mendukung buka http://www.plantservices.com/articles/2009/090.html
    Semoga bisa membantu.

  38. dwi agus berkata:

    Selamat sore Mas Bayu
    Saya senang sekali ada komunitas untuk VSD. Saya mempunyai problem dimana saya pasang inverter / vsd yg digunakan utk conveyor dg motor 22 kw. Setelah beroperasi 1 tahun inverter ini terbakar pada salah satu modulnya shg tdk dapat digunakan. Anehnya inverter ini dibebani sekitar 50 % dari rated. Mohon bantuannya & terima kasih sebelumnya.

    Dwi

    >> Kerusakan bisa banyak akibat Pak. Kalo 22 KW bisa diservis tuh ..

    • teddy berkata:

      Upgrade 1 tingkat di atas bila beban terlalu berat .. kalau kamu pakai 22 kw naikkan ke 30 kw .. lebih safety .. jika ada kebutuhan inverter hitachi bisa contact saya .. saya dr PT SSKp distributor tunggal inverter hitachi ..087784770099

      • Adyanto Aditomo berkata:

        Selamat pagi Pak Teddy, perkenalkan saya Adyanto Aditomo dari PT. LAT (Lembaga Aplikasi Teknologi) Universitas Trisakti.
        Saat ini saya sedang menangani Proyek Kementrian PU, yaitu Efisiensi Energy Listrik di PDAM. Saya menangani beberapa PDAM (Perusahaan daerah Air Minum). Umumnya di PDAM itu menggunakan Primover Pompa Listrik dari Motor Listrik jenios Motor Induksi berkapasitas antara 50 – 100 KW, tergantung lokasinya.
        Umumnya Motor Induksi ini menggunakan Isolasi Kelas F.
        Setahu saya, akibat pemasangan VSD ini, motor akan menjadi lebih panas, sehingga umumnya isolasi yang digunakan adalah kelas H.
        Pertanyaan:
        Apakah Motor Induksi dengan Isolasi kelas F dapat dipasangi VSD ?
        Kalau bisa, berapa beban maksimum yang boleh di cover oleh Motor Induksi tersebut ?

        Mohon jawaban bisa dikirim ke adyanto08@gmail.com.

        Terimakasih atas bantuannya.

        Salam,

        Adyanto Aditomo

  39. ZUL berkata:

    Mas Bayu, saya ingin tanya sedikit, mengapa pada system VSD Tegangan harus di DC kan terlebih dahulu. Terimakasih atas jawabannya

  40. wito berkata:

    salam ,mau nanya nich,aku punya elektro motor merk holip 15kw dan saat ini rusak tp tak tau kemana mau servisnya,mungkin mas bisa bantu?

  41. jaka berkata:

    Wito : yang jelas ke gulung dinamo sekitar tempat kerja anda … he he
    Zul : untuk kapasitas arus tegangan rendah memang begitu . Sebenarnya bisa juga sih yang langsung dari input Ac ke output AC juga. Cuma lebih “gedhe” kapasitas arus tegangannya. Yang kedua. bisa karena arus dc lebih mudah dikontrol dibanding arus AC. Biasanya pengontrolan elektronik disesuaikan dengan kapasitas output yang diinginkan.

  42. nugroho berkata:

    Salam kenal Mas Bayu,

    Terus terang saya masih awam dengan VSD. Jika suatu motor diatur dengan VSD, apakah kita masih memerlukan LCS?. Karena ada yang bilang, di dalam modul VSD sudah terintegrasi semua metering dan proteksi. Sebagai tambahan info, motor tersebut dikehendaki dapat dioperasikan baik secara remote maupun lokal.

    Terima kasih.

    >> LCS??? Proteksi sudah ada, untuk metering tergantung feature masing2 merek dan typenya. Standart Volt, Ampere.

  43. Septianto H W berkata:

    salam kenal mas bayu.

    saya masih awan nih tentang inverter, mau nanya donk, saya pernah mencoba instalasi inverter untuk mengatur speed motor compressor tapi cuma untuk pengaturan manual dari knob di inverter itu. kalo saya pengen ngontrol secara otomatis kira2 gimana mas caranya?
    terus kalo data sheet untuk inverter yang berbeda merk sama ato nggak mas?

    trims.

  44. M.Syafhan berkata:

    salam kenal mas ponc…
    saya mau tanya kenapa pada rangkaian VSD di atas terdapat 2 kapasitor bank?
    mungkinkah kapasitor tidak dipasang, kl bisa apa alasannya?

  45. jaka berkata:

    Septianto : pengaturan manual inverter dari ‘KnoB” atau keypad termasuk jenis pengaturan internal. Lain halnya jika dengan menggunakan pengaturan inverter eksternal. Masing masing pengaturan dilakukan dengan melakukan setting parameter. Untuk keypad / “knob” set pada parameter dengan angka “0” dan jika dengan menggunakan peralatan eksternal diluar inverter set dengan angka “1”. Liat panduannya.
    Untuk mengatur otomatis bisa mengambil dari input arus atau tegangan. Arus biasanya sebesar 5-20mA dan tegangan setahu saya 10 Vdc. liat juga panduannya.

    • Septianto H W berkata:

      salam kenal mas jaka.
      untuk setiap merek Inverter data sheet grafik pengaturan frekuensi eksternal menggunakan tegangan kira2 sama gak mas?
      apa mas punya tabel acuan konversi tegangan eksternal ke frekuensi, kalo punya boleh gak saya minta soft copy nya?
      email saya die_myde@yahoo.co.id
      trims.

  46. Yengki berkata:

    Mas saya mau cari Datasheet IGBT, Bisa dibantu Mas? udah saya cari tapi pake bhs inggris smua, mohon solusinya Thank’s….

  47. lukman berkata:

    mas salam kenal. saya lagi butuh freqiency drive untuk feeder, tegangan output 220v freq 60-100Hz, URGEN nih .biaya bisa diatur.hub saya di l2km4n@yahoo.co.id hp 081808443760

  48. Ahmad berkata:

    Salam kenal mas Bayu

    Saya memakai inverter ABB utk motor pompa 15KW, inverter sering trip over current, hal tsb terjadi juga walaupun inverter digunakan dgn motor tanpa beban (pompa dilepas). Mohon penjelasannya mas, Terima Kasih

  49. sajuli berkata:

    Mas bayu menika, sing guantenge puoooool………………………
    minta wiring Diagram aplikasinya yo? aku pengen buat pintu gerbang otomatis. uny2001.

  50. jaka berkata:

    mas sajuli :
    untuk wiring saya bisa bantu. hubungi japri : yasunagamall@yahoo.co.id

    >> Trims, hayo siapa mau ??

  51. Nasruddin berkata:

    tolong bantuan dong ,saya punya 2 mesin menggunakan 2 motor yg menggunakan inverter tapi ratio gear boxnya beda,bagaimana ya hitunganya supaya ketemu speednya bisa sama.thanks

    >> Ngitungnya pake rumus speed motor (RPM = 120.f/p) di gabung dengan ratio gearbox.

  52. Dhimas berkata:

    halo mas,
    Minta bantuan nih..
    1.Ciri/spesifikasi transformer buat VSD application? Trus bedanya apa sm travo biasa?
    2.Base frequency pd VSD itu gmn menentukannya?ada itung2an nya ga?

    Nuwun

    >> Transformer untuk VSD atau untuk soft start ??. Untuk Base frequency ya ngikut jala2 saja.

  53. tri tono berkata:

    sepeda motor listik apa juga pakai inverter mas ?
    trims

  54. tono berkata:

    mobil listrik apa juga pakai inverter untuk mengatur kecepatannya mas ? trims

    >> Pastinya saya ga tau. Ma’af.

  55. kiki_M berkata:

    buat refrensi untuk teori VSD bisa dapat dari mana ????
    buku apa yang bagus digunakan.???
    trima kasih

  56. jaka berkata:

    Kiki-M : semua referensi teori VSD sebenarnya bagus. Tinggal pas dak sama skill kita. Jadi pandai-pandai aja memilah sumber referensi yang pas. Jangan jangan kebanyakan teori tanpa praktek. Saran saya jika setuju, learning by doing aja. Alias praktek. Sambil praktek cari teori pendukungnya. Bisa lewat Google atau minta referensi dari brand penjualnya.
    saya ada beberapa format pdf ttg VSD. bisa japri ke email saya di yasunagamall@yahoo.co.id

  57. Zaiki Khiriadi berkata:

    Untuk Inveter AC to AC sebagai pengatur kecepatan putar motor 3 Fasa, secara umum prinsip kerjanya juga sama kah? Mohon Penjelasannya Gan …

    >> Secara umum sepertinya sama. Trims

  58. nasruddin berkata:

    kalau konfigurasi untuk folow drive master ke slave gimana ya,,thanks

    >> Ada fasilitas I/O Analognya kok. Trims

  59. taufiqs berkata:

    salam kenal mas,

    tulisan yg bagus sederhana tp sngat informatif. Ini ad teman yg nanya n saya agak ragu mnjawabnya:

    dia menemukan hasil pengukuran amp output inverter lbh besar dr amp inputnya. Bs dibantu pnjelasan kenapa bs bgtu ya pak?

    Sy prnah bkrja d bdg vsd tp msh merasa krg yakin dlm mberikan jwbn. Klo analisa sy, seharusnya amp input = amp output krna vsd tdk ad komponen menguatkan arus sprti trafo. Vsd hany brmain di volt n frek mskipun dulu ad yg versi current control.

    Mohon koreksinya jk sy salah..karna sy msh muda n hrus bnyk bljr..:)

  60. Erry_Susetyo berkata:

    Salam..
    Mamang benanr pak Arus input inverter jauh lebih besar daripada arus Output inverter yang menuju motor, karena pada saat kita mainkan frequensi untuk memodulasi speed, tegangan juga termodulasi. coba anda ukur phase to phase output inverter yang masuk ke Motor, pasti tidak 380Volt (untuk motor 3phase 380Volt) pada saat speed termodulasi.

    Erry S.

    >> Mohon di konfirmlagi, mengukur pada beda frekuensi (perbandingan pada IN dan OUT inverter). Ini kadang yang membuat hasil pengukuran membingungkan. Trims

  61. Ivan berkata:

    mas bayu,saya masih awam mengenai inverter yaskawa G7,yg saya mau tanya adakah pelatihan mengenai inverter/training gitu,..kalau ada tolong di email ke saya ya,.ifanot@yahoo.co.id,.trim sebelum nya

  62. hadi berkata:

    Artikelnya sangat membantu, ths mas Bayu …. ada pertanyaan bagaimana cara mengalokasi bagian penting inverter yang rusak bilamana terjadi gangguan pada sebuah inverter ( misal pada toshiba VF 7A muncul pesan error OC3P

  63. ABIZARO berkata:

    teman-teman yang baik hati..

    ada nggak referensi untuk mengkonstankan torsi dengan menggunakan VSD? misalnya ATV71 Schneider.

    klo ada, tolong attach ksini yah, alimun_eng@yahoo.com

  64. tapian berkata:

    saya suka artikel anda.
    gmn dengan inverter simovert untuk motor 3 fasa yang dikontrol melalui PLC???
    mohon bantuan nya…

  65. restu berkata:

    mas kalo inverter 3 fasa inputan 220 menjadi outputan 380..cara kerjanya gimana mas kok bisa berubah jadi 3 fasa..tolong dijelaskan mas.kirim email saya kombre2@gmail.com kalo ada referensi

    • jaka berkata:

      bagaimana prinsip input 220 Volt menjadi 380 volt
      adalah dengan mengatur besaran frekwensi tegangan itu sendiri. Jika kita biasa memakai tegangan 220 Volt
      dengan frekwensi 50 Hz, maka pinsip pengubahan
      tegangan 220 menjadi 380 adalah dengan mengubah
      frekwensi tadi. caranya adalah dengan menggunakan
      SCR ( Silicon Controlled Rectifier ) . Yaitu dengan
      melewatkan tegangan yang akan dikontrol lewat SCR.
      Dengan memicu SCR pada rangkaian trigger sebesar “Frekwensi” tertentu maka akan diperoleh tegangan output yang dikehendaki. Biasanya rangkaian trigger merupakan rangkaian yang bekerja untuk mentrigger SCR yang dipasang pada phasa R, S dan T.
      Penjelasan detail lewat japri.

  66. wahyu berkata:

    Dh,

    mas maksih banget atas info yang luar biasa ini
    kebetulan saya ini mau bikin Tugas akhir mengenai vsd
    kalo njenengan tidak keberatan dan ada waktu buat saya
    saya mau tanya2 by email
    wahyu_prayogo_its@yahoo.co.id

    terima kasih

  67. cathy berkata:

    d tempat kerjaku ada VSD, saat di operasikan muncul tulisan (OPI 10 u/f ptrn setting), apa maksudnya dan bgm cara menghilangkannya.

  68. FAIZ berkata:

    Mas mw tanya..elco yg di gunakan dari converter ac ke dc berapa ya kapasitasnya? saya mw pake inverter 1 phasa 220v untuk mengendalikan motor induksi type star capasitor….

  69. agung nugroho berkata:

    perkenalkan saya Agung. saya masih kul dan sedang membahas skripsi tentang VSD.

    mau tanya dikit….bagaimana menganalisa perbandingan energy starting antara VSD dengan elmot biasa???

    seberapa jauh perbedaan efisiensinya, klo bisa minta contohnya..…bisa minta bantuan penjelasan ga???
    thanks
    Balas

  70. imey83 berkata:

    Mas, Apakah benar ada maksimal panjang kabel motor ke VSD?alasannya apa ya mas. Misal utk ESP ada di well minyak yg hazardous area, sementara panel VSD kita letakkan di non hazard. jarak panjang kadang tdk bs dihindari (15-20 m).

    Thanks utk penjelasannya,

  71. rudy fahmi a berkata:

    Mas Bayu, saya mau tanya nich, ditempat saya terjadi masalah dengan Inverter 90 kW 380-400V merk Invertek terbakar (semua komponen meleleh dan hangus, IGBT / kondensator meletup). mungkin mas bayu bisa sharing atau pernah mengetahui kejadian tersbut kenapa inverter bisa terbakar karena sampai saat ini saya masih belum menemukan penyebabnya. kondisi koneksi busbas dan terminal lainnya normal. terimkasih atas perhatiannya

  72. ramzie berkata:

    ass
    pak moderator atau siapa saja yang bisa membantu
    saya mau tanya inverter punya ABB tipe ACS 800 untuk penggunaan externalnya bagaimana caranya???

  73. jaka berkata:

    Ramzie : penggunaan eksternal yang dimaksud bisa eksternal configuration atau eksternal command ?

  74. Victor Soleman berkata:

    Ikut nimbrung utk VSD di applikasi Electric Submersible Pump (ESP). Motor yg dipakai ESP umumnya 2 poles dan voltage +/- 10-15% nameplate. Karena kedalaman, kabel yng digunakan amper kecil voltage tinggi 3 phase utk menghindari voltage drop. Untuk ini diperlukan step-up transformer dari 380/480 V/3 Ph/ ke 600, 750,900, bahkan ada yg 3300V tergantung bearan daya motor terpasang. Di industri non migas inverter banyak digunakan utk menurunkan speed. ESP pada sumur minyak utk menghindari gas-lock diperlukan feature variable speed mode, ampere di set/lok sedangkan speed berubah/variable. Pada saat ada gas, pompa akan meningkatkan speed utk mendesak gas keluar dari pipa/tubing dan kembali normal setelah gas keluar. Kalau diset di frequency nanti di ampchart akan kelihatan grafik amper turun naik di recordernya. Ada 6, 12, 24 pulse modulation yg ini memerlukan phase shift transformer kalau tidak ingin alat2 electronic kena noise dari VSD. Maaf spacenya ternyata tidak cukup ya. Nanti kita sambung jika pak Moderator berkenan.

  75. bos kalau cara setting nya gmana yah maklum ane masih pemula…..

  76. Armand bae gitoh berkata:

    Mas bayu . ,
    Mo nnya nc?
    Apa bedanya VFD dngn VSD?

  77. LEKGUN berkata:

    mo tny mas ada gak jual ESC motor brushless teg 7,9s/d 38 volt .dgn amper 40 a….

  78. i_Shunt berkata:

    mas ada alasan kenapa frekuensi carrier dibuat tinggi misal 20 khz?

  79. dafik berkata:

    mas sya pnya motor yg di rangkai dengan star delta, sya inngin mnambahkan inverter merk ABB untuk mengatur RPM nya, gmn cranya dan tlong ksih gambar

    • m.hendri berkata:

      kalau mau pakek vsd,berati gak usah pakek start delta mas..soalnya vsd sdah ada setingan untuk mengatur akselerasi dan declarasi putaran mtor..

  80. eko berkata:

    bagus,tolong dibantu lebih detail lg mas,soalnya buat skripsi nih.ditunggu.thanks.

  81. budiono berkata:

    mas artikel oke banget, gimana ya cara setting parameter?

    • jaka berkata:

      setting parameter inverter – umumnya dilakukan untuk setting auto manual ( menggunakan potensiometer sebagai kontrol speed manual, atau menggunakan keypad – tombol pada panel inverter ) dan setting auto biasanya menggunakan koneksi dengan modul luar seperti encoder, PLC dimana kecepatan sebanding dengan besar tegangan input yang diberikan pada inverter. Setting lain juga dilakukan untuk setting unjuk kerja inverter terhadap beban. masih banyak lagi.

  82. PAM berkata:

    kira2 jarak max motor dengan inverter brp ya mas bayu
    salam kenal
    pam

  83. 20 mart 2012 berkata:

    mas mau tanya,APA Inv jk diset dibawah 20 hz cpt jebol y

    • karir4u berkata:

      sekedar menyambung pertanyaan …kejadian setting inverter dibawah 20Hz sebelum ada beban ( motor belum dibebani ) tidaklah bermasalah. Motor hanya akan berputar dengan kecepatan rendah. Tapi kenyataan akan berbeda saat setting dibawah 20 Hz dan dengan kondisi beban motor yang berlebihan ( melebihi kapasitas inverter yang dipergunakan ) bisa saja berakibat akan overload dan trip dan jika dibiarkan akan memperburuk kinerja inverter. Oleh sebab itu hendaknya lihat besar beban yang dipakai disesuaikan dengan kapasitas inverter. Pada inverter sendiri ada beberapa setting parameter yang perlu dipilih. Apakah setting speed untuk kerja proposional atau eksponensial.

  84. ismanto berkata:

    artikel yg baik.
    tetapi ada nggk masalah pengaruh penggunaan eksternal variabel resistor pada motor slip ring terhadap putaran motor???
    boleh minta sarannya.

  85. rian berkata:

    wah, menarik… mau nanya mas, inverter itu bisa buat merubah arah motor juga g ?? CW atau CCW… kalo bisa apakah kita harus buat rangkaian kontrol baru atau di inverter sudah tersedia???

    • mzd berkata:

      tentu saja bisa, di terminalnya ada pilihan untuk direction nya..

    • jaka berkata:

      ya dong. itulah salah satu kelebihan kontrol el;ektronik dibanding pembuatan panel kontrol biasa. Kalu panel kontrol anda bisa berjam-jam buat wiring kontrol panel untuk putaran ke kanan atau kekiri. Namun dengan kemajuan elektronika kontrol maka putaran motor bisa dibalik hanya dengan membalik input forward ke input reversed. Tugas elektronik inverterlah yang akan membalik phasa tegangan. Kalau mau detail saya ada buku dan demo produk inverter yang bisa didownload di website saya. Silahkan. semoga membantu.

  86. ibenk berkata:

    mas mau tanya,cara buka inverter danfoss yg trkunci gmana ya trims

  87. nash berkata:

    Sekarang Inverter ada dua macam Ada vector drive sama freq Drive bedanya Apa Ya? thanks

  88. tri cahyono berkata:

    mas , saya mau tanya.. Ada referensi ga aplikasi dari VSD pada FD fan di boiler.?
    trims

  89. Yudi berkata:

    info yang sangat luar biasa

    maaf mas perkenalkan saya yudi.
    saya ingin mengetahui VSD lebih lanjut ….
    bagaimana menganalisa perbandingan efisiensi antara VSD dengan sistem direct on line biasa???
    dari beberapa artikel yang saya baca efisiensi VSD lebih tinggi pada setiap rentang kecepatan yang ada
    mohon pencerahannya analisa perhitungan antara VSD dengan sistem DOL mengapa efisiensi VSD bisa lbh tinggi ??
    wahyudi.dian48@yahoo.com

    trima kasih mas

  90. ade berkata:

    makasih pak bayu infonya…

    saya mau nanya nih,,setelah saya install VSD pada motor 5.5Kw ternyata amperenya malah makin tinggi (12ampere) dari sustem sebelumnya star delta yang cuman 9.4 ampere…bukanya dengan pemasangan VSD harusnya amperenya jadi turun?
    apa yang mempengaruhi hal tersebut?

    thank’s

    adesuyudanto@gmail.com

  91. Esa berkata:

    Mas Bayu, kita ada rencana untuk mengganti VS Motor 7,5KW menjadi Induction Motor + Inverter. Apa besaran KW utk induction motor sama dgn yang VS Motor ? (7,5KW). Apa pertimbangan lain yg perlu kita perhatikan untuk rencana penggantian ini.
    Makasih, mas..

  92. holi berkata:

    Mas Bayu. thanks atas info mengenai inverter. apakah control speed VSD bisa di hubungankan ke ampere motor unit lain ? misalnya beban motor A mengatur speed motor B.
    terima kasih banyak.

  93. johan berkata:

    gan mau numpang promosi inverter murah meriah…

    agan atau sis yang sedang cari Inverter Industrial (Variable Speed Drives),
    merk Bedford…
    Berikut Type, Besar HP, Phase, Voltase, Frekuensi, dan harganya

    B501-4015
    15HP/11KW,3 Phase 400V,50HZ
    USD 591

    B501-4030
    30HP/22KW,3 Phase 400V,50HZ
    USD 1140

    B502-2001
    1HP/0.75KW,1 Phase 230V,50HZ
    USD 230

    B502-2003
    3HP/2.2KW,1 Phase 230V,50HZ
    USD 255

    B502-4001
    1HP/0.75KW,3 Phase 400V,50HZ
    USD 230

    B502-4003
    3HP/2.2KW,3 Phase 400V,50HZ
    USD 279

    B502-4007
    7HP/5.5KW,3 Phase 400V,50HZ
    USD 422

    B502-4010
    10HP/7.5KW,3 Phase 400V,50HZ
    USD 535

    B502-4015
    15HP/11KW,3 Phase 400V,50HZ
    USD 619

    B502-4020
    20HP/15KW,3 Phase 400V,50HZ
    USD 658

    B502-4030
    30HP/22KW,3 Phase 400V,50HZ
    USD 1238

    B502-4050
    50HP/37KW,3 Phase 400V,50HZ
    USD 1910

    B502-4075
    75HP/55KW,3 Phase 400V,50HZ
    USD 2220

    Best Regards,

    Johan

    PT.Simotech Global Indonesia
    Ruko Taman Meruya Plaza II
    Blok B 1 Jakarta Barat 11620

    Ph : 021 58906631; 58900904
    Fax : 021 58906632
    Mobile : 081 287 207 727
    Email : johanhendrawan.ptsimotech@gmail.com

  94. Muddin berkata:

    Salam Mas Bayu….

    Tolong dong dikirim bahan-bahan tuk belajar dasar VSD ke alamat email saya : illaramuddin.ishak@yahoo.com

    Terima kasih

  95. chaidir lesmana berkata:

    Dear Mas Bayu

    saya bekerja di salah satu distributor resmi schneider electric khusus HI-Tech terutama VSD. yang saya ingin tanyakan apa fungsi dari breaking resistor dan dc choke pada VSD dan dipasang dmn?
    mohon pencerahannya diemail ke : chaidir.lesmana25@mail.com
    thanks.

  96. chandra-Batam berkata:

    Dear mas bayu.

    Bagaimana menganalisa kerusakan pada Altivar 312,
    kronologisnya ,pada saat motor akan running, arus listrik langsung trip (mati). padahal setingan altivarnya sudah benar, apakah kerusakan terletak pada altivarnya ?, terus, bagian mana yang harus di analisa di altivarnya ?

    mohon petunjuknya.

    Best regards.

    chandra

    email:chandra@ks-t.com

  97. Marie Anto berkata:

    thx tuk semuanya ne sangat membantu saya

  98. Setia berkata:

    Sangat membantu menyelesaikan makalah saya…
    Matur nuwun

  99. taufiq berkata:

    Biasanya VSD tidak hanya mengubah frekuensi keluarannya, tetapi juga mengatur tegangan keluarannya juga. padahal kalau kita lihat dari rumusnya untuk motor AC tidak ada hubungannya dengan tegangan. Tapi mengapa tegangannya jugha ikut diatur???
    mohon pencerahan … trim

    • ihsan berkata:

      Driver motor Variable speed biasanya memakai prinsip VVVF (variable voltage Variable frequency). makin kecil frekuensi, makin kecil voltage-nya. Silahkan gugel mengenai vvvf ini untuk lebih detilnya.

    • Adyanto Aditomo berkata:

      Rumusnya : E = C x n x Fluks.
      E = Gaya Gerak Listrik (Volt).
      C = Konstanta.
      n = putaran.
      Fluks = didalamnya ada unsur 2 Phi f.
      Bila dalam kondisi normal tegangan E diturunkan (katakan dari tegangan nominal 380 Volt menjadi 250 Volt), maka putaran motor n akan turun (katakan dari 1.500 rpm menjadi 1.000 rpm)
      Tetapi karena Frekuensi jala – jala 50 Hz,, sedangkan motor dirancang untuk frekuensi 50 Hz dengan tegangan nominal 380 Volt, maka motor akan menjadi panas.
      Supaya motor tidak menjadi panas, maka frekuensinya harus diturunkan sesuai penurunan tegangan.
      Namun demikian, motor listrik akan menjadi lebih panas dibandingkan bila motor dioperasikan tanpa VSD.

  100. Handy berkata:

    VSD bisa diaplikasikan pada motor induksi kah?

  101. Handy berkata:

    Maksud saya apakan VSD bisa diaplikasikan pada motor listrik induksi satu fasa? Trims, sebelumnya.

  102. udi winoto berkata:

    saya punya motor 3 phase dan satu inverter RMG5 Series, saya mau motor jalan dengan 2 kecepatan misalkan, Speed pertama 3000 rpm selang 1 menit speed turun jadi 2000 rpm. gimana caranya ya… Thanxs,

  103. ayuhan berkata:

    mas saya punya problem padainverter omron 3g3 mv error f00 [digital operator transmission faulth]kira2 direset kembali bisa ngak,n apa penyebabnya ,tolongmas,

    • jpr berkata:

      Ikut nimbrung bertanya nie bro,
      kami ada masalah pada driver ( VLT 6000) untuk mengoperasikan motor 35KW sebagai blower burner, dimana masalah yang sering terjadi adalah;
      1. Missing phase U pada motor(A30-U).
      2. Earth fault (E14).
      apa ya yang harus dilakukan untuk problem ini?
      sehubungan dgm diatas rasanya sdh banyak yg kami lakukan diantaranya;
      1. pengukuran tegangan incaming (balance)
      2. Pengukuran motor megger dan resistan baik/seimbang.
      3. ganti kabel power dari driver ke motor
      4. penambahan cable grounding

      tetapi masalahnya blm juga ditemukan, adakah yg bs membantu?

      • Johan berkata:

        VLT 6000 itu merk danfoss ya bro? coba cek kabel, apakah ada karat atau putus, biasa masalahnya itu,

        yang ke dua coba cek berapa tahanan grounding kalau bisa kurang dari 1 ohm, pengukuran cuma gronding saja (beban gak boleh ikut)

        Demikian

      • arif berkata:

        sudah cek IGBT nya belum?

  104. Johan berkata:

    Permisi, numpang nanya,

    untuk chocke,
    lebih bagus pakai interwin atau siemens?
    lebih tahan lama yang mana ya?
    email : johan_king_cuan@yahoo.com

    Thanks

  105. Agung Rachmat berkata:

    mas bayu bagaimana cara membuat inverter utk mengatur kecepatan motor dengan daya 1pk dengan arus 3Ampere.apa saja rangkaiannya dan bagaimana rangkaiannya?

  106. Herry widya berkata:

    mas minta pecerahan
    saya ada kasus inverter selalu meletus saat mau mati persisnya saat ramp down hal ini sudah terjadi 3 kali berturut-turut. yang saya tanyakan penggunaan brake resistor apakah harus dipasang untuk keamanan inverter tersebut. atau di pasang grounding tiap panel???
    untuk sekarang grounding jadi satu sama penangkal petir

    • arief berkata:

      mas herry, salam kenal…
      untuk aplikasi tertentu memang harus menggunakan braking resistor/regenerative power, dikarenakan pada saat motor pada posisi rpm yang tinggi dan akan melakukan decel maka motor tersebut akan mengerem sesuai settingan time di decelnya….dengan kejadian tersebut tenaga/daya hasil pengereman harus dibuang ke resistor brake, kalau tidak daya tersebut tidak akan balik lagi ke jala-jala dikarenakan si rectifier memblok daya tersebut sehingga daya akan berkumpul di capasitor sampai melebihi limit casitor tersebut efeknya komponen yang tersebut akan meletus…
      untuk lebih jelasnya email ke saya arief.baitullah@gmail.com

      thanks semoga membantu.

  107. Wonderful blog! I found it while searching on Yahoo News.
    Do you have any tips on how to get listed in Yahoo
    News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Appreciate it

  108. aris berkata:

    mhon bntuan mas smuanya sya buta dgn brang yg satu ini tp apa bleh bulat dr pd lonjong kebetulan dpa kerja masang ini brg. brand fuji frenic mega type.FRN22G1S-4A utk jalani 4unt mtor 3ph msing 4kw,yg dpasang paralel. masalah sy gk tau programnya.mhon pencerahanya..please… tks

    aris

  109. hilman berkata:

    Thanks ya bermanfaat sekali infonya,,v saya mau nanya klo masukin data motor seperti kw,rpm & amper motor ke inverter supaya sesuai dengan kapasitas inverternya bagaimana?mohon penjelasannya,,

  110. agung berkata:

    assalamua’laikum wr wb
    Mas bayu saya mau tanya dong tentang skripsi saya yang berhubungan dengan VSD, sy mau mengatur kecepatan motor spinner dengan motor 200w, tegangan 220 V dan arus 2,5 ampere. saya sudah buat 2 kali rangkaian berbeda tapi ke 2’a gagal semua. rangakaian pertama gagal krn tidak mengeluarkan frekuensi dan tegangan sama sekali kemudian rangkaian ke 2 frekuensi sudah ada dan tegangan bisa diatur dari 140v – 250v tetapi masalahnya arus yang dibutuhkan kurang, klo di test denga lampu pijar bisa menyala tapi redup sedangkan klo di test menngunakan motor, motor tidak bergerak dan tegangan menjadi dr0p menjadi 8 drop. mohon jawabannya agar sy bisa mengatur kecepatan motor saya dan rangkaian yg benar2 bisa untuk motor saya krn sy sudah berkali2 gagal.mohon jawaban dan gambarnya kirim ke email sy agung_scout@yahoo.com
    Terima Kasih sebelumnya

  111. mr.jono berkata:

    Tolong saya baru menangani mesin las inverter !tolong dbantu utk kerusakan RILON 160 semua komponen ,arus, normal tp kok dari fet sampai trafo dioda gk da arus !pa mungkin kontrolny bermasalah ?

  112. Info anda sangat bermanfaat bagi saya. . ! Semoga dpt di gali lg lebih dalam. . ! Tapi bagaimana cara menentukan berapa kw altivar untuk menjalankan seumpama 1,1 kw motor. . !

  113. Maz mau tanya .Jika di lcd inferter tertulis tnf itu knp iya?. . .

  114. You created a few great tips there. I conducted searching
    on the topic and discovered most people will agree with your blog.
    Thanks a lot!

  115. Super-Great site! I am loving it! Will return once more – taking you
    rss feeds as well, Many thanks!

  116. sugeng perwanto berkata:

    info yang sangat bermanfaat. saya mau nanya, jika inverter di jalankan tegangan out tidak ada padahal display nya sudah jalan, mohon bantuan untuk semua. inverter saya toshiba vf-s11. saya juga lagi nyari inverter wilayah surabaya. silahkan hubungi sugeng_moker@yahoo.co.id

  117. arief baitullah berkata:

    Dear agan-agan,

    numpang sharing informasi
    jika agan ingin butuh inverter YASKAWA Original JAPAN

    A1000 —-> 0 ` 630KW 200/400V, General Purpose
    G7 —-> 0 ` 300KW 200/400V, General Purpose
    V1000 —-> 0 ` 18,5KW 200/400V, General Purpose
    J1000 —-> 0 ` 5,5KW 200/400V, General Purpose
    E1000 —-> 0 ` 355KW 200/400V, Special For Pump & Fan
    L1000 —-> 0 ` 75KW 200/400V Special For Lift application

    Hubungi saya : arief,baitullah@gmail.com
    saya tunggu emailnya.

    thanks ya semoga dapat membantu.

  118. herry z berkata:

    salam kenal gan…
    saya punya masalah vsd, pertnyaannya jika vsd tidak menggunakan braking resistor akan terjadi apa,trus bahaya tidak untuk kelangsungan drivenya…trimakasih infonya…..

  119. Sudirman berkata:

    salam kenal,
    saya mempunyai masalah dengan inverter yang bener2 terbakar semua (hangus), kapasitas motor 214 kw dgn operasional speed motor dari rendah ke tinggi begitu juga sebaliknya dicontrol auto dgn plc dalam waktu yang sangat singkat. Mas bayu, mohon sharing penyebab terkabarnya inverter.

    • arief baitullah berkata:

      salam kenal Pak,

      kalau dengan kondisi kerja anda dengan menggunakan VSD secepat itu maka anda harus menggunakan braking resistor/ braking with regenerative power dan jika anda tidak menggunakan braking unit dan resistor brake maka pada saat dia melakukan stop decel yang cepat dengan berbeban maka energy balik pada saat pengereman tidak terbuang sehingga komponen anda dapat terbakar indikasinya biasanya OV ( Over Voltage )

      thanks semoga membantu.
      Arief ( 08119951629 )
      arief.baitullah@gmail.com

  120. Sudirman berkata:

    Mas Bayu, mohon dibalas ke alamat email Sudirman_sun@yahoo.co.id. Sebelumnya tks

  121. poerwanto berkata:

    saya lagi perlu motor listeik 3 phase second masih bisa di operasikan minimal 200kw harga boleh di rundingkan..di balas di email saya poerbwi@gmail.com
    terima kasih

  122. azis lamayuda berkata:

    salam kenal, mohon ijin share artikel nya di blog saya, selain buat pelajaran saya supaya tidak lupa dan untuk berbagi. terima kasih. saya sangat ingin lebih faham dengan inverter dan cara kerja nya.

  123. wahyuw10 berkata:

    Dear Mas Bayu, saya pakai altivar61 dengan 630kw; 900hp untuk pompa distribusi, saya mengalami maslah jika vsd saya jalankan 40-45hz, vsd langsung trip, kira2 apa penyebabnya dan bagaimana solusinya agar vsd berjalan sesuai specifikasinya?

    • teddy berkata:

      Pak kalau ada kebutuhan inverter bisa contact saya pak .. saya distributor tunggal inverter hitachi .. 087784770099 atau pin bb 748de550

  124. Adamulloh berkata:

    Mas Bayu, Saya Adam, Saya punya masalah dg CWG ( Coating Wage Gauge ) alat utk mengukur ketebalan Coating dg cara Scan, Masalahnya Mesin ini Sering Macet, Saya sudah coba ganti Worm Gear dan Coba Test Motor tsb akan tetapi saat Frekuensi 43 Hz Motor langsung berhenti, Kenapa ya apakah Overload? kalau Overload biasanya muncul Nomor Faultnya..Mohon utk beri jawabannya thanks

  125. lardi wonogiri berkata:

    salam kenal dari saya..
    mas mau tanya kalo kita mau ngetes inferter tanpa IJBT,maksud saya unyuk mengetahui rata gaknya tegangan pembuka gate ke ijbt itu arus yg buka gate yg keluar dari photocoupler itu berupa apa ya? dan apakah apabila kita raning tegangan yg buka get IJBT juga ikut naik ya,,..

  126. Illaramuddin berkata:

    Salam mas Bayu, Saya Illara, mahasiswa teknik elektro Unsyah, Aceh. Sekarang lagi buat final project terkait VSD. Mas bisa minta dikirim bahan/ebook terkait VSD ke email saya : illaramuddin.ishak@yahoo.com

  127. wahyoe berkata:

    Salam mas, saya mahasiswa tekbik elektro .saya ada masalah inverter buatan saya g bisa buat mutar motor induksi satu fase, maksud dari permasalahan pada starting perlambatan dan percepatan dr blog mas apa ya. Trs kan perlu buang inersia motor yg besar. Dari kasus saya arusnya sangat besar saat dibebani motor induksi. Yg ini lo mas, Pada saat deceleration/ perlambatan, energi inertia beban harus didisipasi/ dibuang. Untuk perlambatan dalam waktu singkat atau pengereman, maka energi akan dikembalikan ke sumbernya. Motor dengan beban yang berat pada saat dilakukan pengereman akan berubah sifat menjadi “generator”. Jadi energi yang kembali ini akan masuk ke dalam DC Bus Inverter dan terakumulasi di sana karena terhalang oleh rectifier. Sebagai pengamanan, inverter akan tripjika level tegangan DC Bus melebihi batas yang ditoleransi. Moho. Bantuannya terima kasih. Email saya. El09612033@gmail.com

  128. arifin harnanto berkata:

    Perkenalkan, Sy arifin indra harnanto, kebetulan product engineer VSD. Eh, nemu blog lagi rame2 ngurus VSD
    Ingin berbagi ilmu soal VSD. Jika mau diskusi silahkan email yaa..atau silahkan ikut coment
    email:arifin.harnanto@schneider-electric.com

  129. Parlilitan berkata:

    Salam kenal para suhu..perkenalkan nama saya Parlilitan..
    perlu bantuan saran dan mau nanya nih..
    saya ada masalah di conveyor inverter tipe Inverter adleepower as2. di display muncul EEP2. saya udah ikut troubleshooting ” Rework with previous process ” tetap tidak bisa jalan. ada tahu gak alamat service centernya di Indonesia? atau ada koneksi gak yang bisa memperbaikinya. Lokasi saya ada di Jakarta Utara. Terima kasih yah udah numpang ikut ngeramaiin blog ini.
    Parlilitan
    02145876726
    parlilitannainggolan@gmail.com

  130. Salam semangat!!
    Blognya bagus masbro…sangat bermanfaat..
    Masbro numpang iklan ya…

    Salam kenal semua, nama saya Valentina.
    Jika teman-teman membutuhkan inverter bisa menghubungi saya… inverterter yang saya punya adalah INVERTEK DRIVES dari Inggris.. Kelebihan dibanding dengan omron atau altivar adalah untuk setting parameternya lebih simple… 1-14 parameter berurutan sudah bisa runninng… kualitas OK hargapun bersaing.
    tersedia inverter ekonomis sampai heavy duty.

    bisa buka situs invertek di : http://www.invertek.co.uk

    Jika ada yang ditanyakan mengenai invertek boleh hub saya:
    email: vwisudasari@primaelektrindo.com
    ph : 087771361067

    Terimakasih.

    Salam sukses.

  131. hengky berkata:

    salam kenal, sy bs tahu wiiring master potensio pd external command pada 100 unit inverter dengan 1 potensio saja? tq.
    hengky_gr@yahoo.co.id

  132. mashudi berkata:

    mas ..saya newbe untuk inverter. saya ada inverter toshiba VF-S7. saya ingin begitu start putaran 200 rpm dan secar periodik naik secara otomatis sampai 500 rpm. bagaimana setting-nya ? mohon bantuan.

    tks

  133. iwan ragil ashter berkata:

    Memang sekarang kalau beli sesuatu. Barang .bisa terjerumus ,masalah. Jaminan ,irit ,awe dan dll
    t

    • ahmad berkata:

      ada benefide 2 tertentu yg akan di timbulkan oleh pemasangan VSD . ketika kita mengarang ke energi saving konsep .musti di lihat secara detail aplikasi dari vsd tsb ,agar tidak terjadi salah paham dengan penyedia VSD

  134. baradonny berkata:

    salam kenal,,,
    saya Anto, saya ada masalah pada inverter Frenic, saat motor running di 60% tiba – tiba trip dan didisplay muncul OV1 kadang OV3,,
    Kondisi motor OK 160kw. Mohon bantuannya

    Trims

    • teddy berkata:

      Pak kalau ada kebutuhan inverter bisa hubungi saya pak .. saya distributor tunggal inverter hitachi .. 087784770099 atau pin bb 748de550

  135. Joe Huntz berkata:

    pak baradonny, ov itu over voltage
    OV1: Overvoltage during acceleration
    OV2: Overvoltage during deceleration
    OV3: Overvoltage during running at a constant speed

  136. Ikhwan mutaqin berkata:

    salam kenal
    saya ikhwan masih newbie, mohon bantuaanya mas apakah penggunaan inverter untuk menurunkan rpm motor akan memepengaruhi torsi motor? naik atau turun? saya butuh referensi untuk membuat mesin dengan torsi yang tinggi.

    terimakasih banyak

  137. hot berkata:

    salam kenal
    mas gimana cara menginstalasi vsd ke pompa??
    boleh saya minta wiringnya?
    mksh

  138. hot berkata:

    1 pompa. pompanya 3 phasa.mksh

  139. Ping balik: inverter yaskawa

  140. denis berkata:

    sy mau nanya ditempat sy sering tejadi alarm “treatment motor overload” kira2 apa ya penyebabnya..motornya 5.5 kw pake inverter jenis pacdrive MAC-4 merk elau..mohon infonya tks

  141. ruth berkata:

    Halo, saya Mrs Emmanuel Ruth, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (emmanuelruth536@gmail.com)

  142. nur al purkon berkata:

    saya beli inventer 0,75 schneider rencananya untuk menghidupkan motor 1 hp 3 fasa,tetapi pas dicoba tidak hidup, apa yang salah apakah memang perlu diprogram dulu? mohon jawabannya
    email : nuralpurkon70@yahoo.com

  143. ahmad berkata:

    manambahkan masalah inertia / high inertia . ada yg di sebut IRU (Innovative Regeneration Unit) jika penggunaan DBU ( dinamic breaking unit ) dan DBR ( dinamik Breaking resistor ) voltage inertia akan di buang ke DBR menjadi panas ………..kalau mengunakan IRU inertia akan di kembalikan ke jala-jala sehingga akan menimbulkan benefide .saving energi < pemanfaatan IRU untuk VDS apalagi yg kapasitas besar,akan sangat bermanfaat dan terasa efek energi safing nya dari penggunaan IRU ……..cukup sekian sedikit info dari saya ….
    az@eng.stssby.biz

  144. haryadi berkata:

    salam kenal Mas Bayu saya Haryadi

  145. haryadi berkata:

    saya haryadi mau bertanya mengenai masalah inverter
    saya punya inverter frenic, untuk motor ac 3ph, 6pole, 5hp
    masalahnya ampere di U V W nya tidak Imbang ( 7, 7, 4 ampere)
    motor sudah dicek bagus mas, permasalahannya dari inverter, keluaran inverter yang ke motor (UVW) amperenya sudah tidak imbang mas, gimana cara perbaikannya yah mas?
    Mohon bantuannya yah
    Trimakasih Mas Bayu

    • Yudistira berkata:

      mau coba jawab yah,
      ada 2 kemungkinan pak. yaitu IGBT nya atau Rectrifier diode nya tuh yg kena. tingal cek aja sat – satu IGBT nya

    • kemungkinan besar terjadi kerusakan pada Modul IGBT atau IC swiching salah satu U V W inverter pak.. untuk lebih memastikan coba bapak run inverternya tanpa beban dengan deselasi panjang. Cek grafik kenaikan tegangannya dan bandingkan output tegangan u v w pada frekuensi max. imbang atau tidak. jika tidak imbang berarti terjadi kerusakan pada IGBT atau IC tersebut.. mohon koreksi.

  146. sunar berkata:

    maaf mau tanya…
    perlu gk kita menambakan noise filter pada inverter…?

    • pada dasarnya tergantung tingkat noise di sekitar lingkungan inverter. Inverter sendiri didalamnya sudah ada filter noise. Hanya saja pengaruh lingkungan sekitar misal diarea yang sedang banyak proyek pengelasan itu lebih baik ditambah EMC filter. Penggunaan AC Reaktor juga sangat baik untuk menunjang inverter terutama yang diatas 45 KW. mohon koreksi

  147. Ganjar berkata:

    tulisan yang sangat bermanfaat

    kebetulan saya sedang dalam pengerjaan sebuah proyek dengan menggunakan Inverter Altivar 312, saya ingin mengatur torsi nya, namun saya masih kesulitan bagaimana cara mengaturnya… mohon jika bapak atau ada teman-teman di sini yang bisa membantu, boleh di share, terima kasih.. :)

    • teddy berkata:

      Mantap pak kalau ada kebutuhan inverter hitachi bisa contact saya pak di 087784770099 atau pin bb 748de550

    • cara mengaturnya jika yang dijalankan pada mode V/F control hanya bisa diatur pada torque boostnya pak.. alias auto torque.
      namun jika yang dipakai mode vector control bisa diatur lewat parameter keypad torque setting..
      jika yang dipakai mode torque control maka inverter akan otomatis mempertahankan torsi sesuai settingan dan biasanya speed menjadi tidak konstan.. mohon koreksi

  148. danny berkata:

    Salam kenal pak.
    saya dapat pertanyaan tentang ACIM dan Inverter VFD.
    di name plate motor terdapat data sbb:
    volt : 220/380 V
    Ampere : 3.68/2.13 A
    1HP : 0.75Kw
    RPM : 1395
    Freq : 50 Hz

    sedangkan di VFD settingan max freq : F60.0Hz

    pertanyaannya:
    kenapa di VFD di setting 60Hz?
    bagaimana penjelasannya pak?

    thx.
    Danny.

    • wahyuw10 berkata:

      Dear admin,

      Kita ada memasang 4 unit vsd ATV61  630 kw, dan selalu bermasalah dgn IGBT dan Powerboard , katanya oxidasi, krn lokasi di atas bangunan clearwell dgn pengaruh chlorin d linfkunan sekelilingnya.

      Mohon pencerahannya.

      Wahyu

      • ryan berkata:

        sebenarnya ada semacam cairan seperti grase yg disemprotkan ke boardnya yg akan melindungi bord dan komponennya

      • teddy berkata:

        Untuk aplikasi apa pak 630 kw itu ?? Biasanya ukuran sebesar itu pakai ruangan pak .. pakai AC lagi .. supaya adem .. bisa juga invite saya pak kalau ada kebutuhan inverter pak kebetulan saya distributor tunggal inverter hitachi pak .. made in japan .. 748de550 pin bb saya pak .. 087784770099 teddy pak

      • rangga berkata:

        Ketika bermasalah error tampilan yg keluar nya apa pak? Kok bisa sih igbt nya terus yg kena pak?

    • ryan berkata:

      60 hz itu memang setting max freq jalajala pln yg umum biasanya diamerika klo kita 50 hz biasanya diname plat motor juga ada freq 50/60 hz

    • teddy berkata:

      Itu maks sampai 60 hz rpm nya bro .. dari setting bisa di dirubah koq .. biasanya 50/60 hz frekuensinya .. kalau ada butuh inverter boleh add pin bb saya .. distributor tunggal inverter hitachi di indonesia .. daerah jaakarta pin bb 748de550

      • ahmad ashari berkata:

        setahu saya inverter bisa di set atau di up to maximum hz, example 100 hz, tapi pada kondisi ini tentunya akan membuat motor turun pada torque nya.maka dalam hal ini aplikasi menentukan untuk torque atau speed.karena pada dasarnya VSD maximum freq ada yg 400 dan 600 hz maximum freq

      • rangga berkata:

        Bos saya ada mslh sama inverter altivar28.. Di keypad tampilannya scf..apanya ya bos? Terimakasih

  149. lukman semarang berkata:

    maaf mas,kalo inverter delta seri VFD-M terkadang stop’nya suka bablas atau nabrak,padahal sensor normal,kira kira masalahnya dimana ya mas,?

    • settingan stop inverternya pada deselerasinya kurang cepat pak. Coba untuk disetting dengan bantuan DC Braking pada parameternya. Tetapi hati-hati untuk settingannya. mesti pantau arus outputnya agar tidak terlalu tinggi.. mohon koreksi

  150. Para SUHU SUHU yang Terhormat… yang berminat bermitra bisnis.. Saya punya stock ready 0.75kW inverter – 185 kW. garansi 1 tahun full spare part resmi.. Sedia AC Reaktor, Braking Resistor dan Perakitan Panel system PLC. free pemasangan sampai mesin jalan.. hub: wahyufokusindo092@gmail.com anda bisa jadi reseller dan saya beri harga terbaik.. salam

  151. rudy fahmi a berkata:

    Mas Bayu..mau tanya apa ada referensi untuk 2 VSD (2 motor)yang digunakan secara bersamaan untuk menggerakkan ban berjalan…saat ini VSD yang digunakan adalah Yaskawa A1000..thks

  152. Budi tanu berkata:

    Mas bayu, mesin saya, motor nya 1,5 kW putaran mesin ya dikontrol oleh vsd merk mitsubishi. Kadang kadang saat motor berputar tiba tiba melambat sekitar 2-3 detik seperti putarannya tertahan. Lalu led indikator alarm berwarna merah. Kejadian seperti ini sering terjadi. Kira kira apa ya penyebab nya?

  153. Asep Hendar berkata:

    salam kenal, mas bayu boleh minta tolong apa saja yg harus disediakan dan dilakukan untuk mendapatkan fungsi start/stop melalui remote? terima kasih

  154. ganjar berkata:

    terima kasih mas bayu atas penjelasan-penjelasannya, sangat bermanfaat.. saya sekarang sedang menggunakan inverter ativar 312 dan berdasarkan referensi yang saya dapat, dibutuhkan sebuah braking resistor untuk proses pengereman motor sehingga tidak ada perlambatan/ deceleration pada saat motor di off kan.. tapi setelah saya pasang dan hubungkan antara inverter dan braking resistor, laju motor masih ada perlambatannya ketika saya off kan.. apakah ada yang salah pada saat pemasangan ataukah ada hal lain dari teori saya yang salah? mohon bantuannya, terima kasih mas bayu..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s