Ekspedisi Jogja ‘08 (Day-3)

Pagi ini tujuan utama adalah Kraton Yogyakarta istana tempat raja raja Mataram berkuasa. Ternyata masih terlalu pagi untuk masuk ke area Kraton. Sebagai selingan kembali berbecak Rp 5rb pulang pergi ke pabrik bakpia pathok. Yang terkenal adalah Bakpia Pathok 25 di Jl. KS.Tubun. Mungkin karena tidak terlalu ramai kami diijinkan melongok ke dapur produksi bakpia yang dikerjakan secara manual.

 

Sekembali belanja bakpia kraton telah dibuka, dan langsung aja masuk ke area Kraton. Ternyata tidak seperti yang dibayangkan, hanya bagian depan saja yang terbuka untuk umum. Menurut tour guide yang ada disana, untuk lebih lengkapnya harus mengunjungi Kereta Kencana, Taman Sari dan tempat batik keraton. Tetapi sayang lokasinya yang terpisah pisah sehingga diputuskan untuk si lewati saja.

 

Dalam perjalanan kembali disempatkan mampir di Candi Prambanan yang pernah dikunjungi sebelumnya . Duh, sangat disayangkan candi yang dulu sudah hampir utuh dan megah sekarang porak poranda dan dalam proses renovasi akibat gempa di Jogja beberapa waktu yang lalu. Candi candi utama yang menjulang tinggi diberi pagar pembatas, untuk menjaga keamanan pengunjung dan candinya juga. Perbedaan kondisi sekarang juga terlihat banyaknya penjual pecel didekat lokasi candi. Rasa dan harganya sangat pantas, Rp 4rebu saja.

 

Puas berkeliling dan mengunjungi museum perjalanan dilanjutkan ke Solo, dan tujuan berikutnya adalah Pasar Klewer. Nekad juga hanya mengandalkan petunjuk jalan akhirnya sampai juga di pasar batik yang terkenal itu meskipun harus berputar putar dulu. Ternyata tempatnya di deket Kraton Surakarta.

 

Menjelang sore baru keluar dari Solo setelah sempet muter muter mencari jalan ke Surabaya. Badan loyo karena terlambat makan siang dan harus tertunda sampai Sragen baru bisa makan. Untuk pertama kalinya makan Tengkleng yang ternyata berisi daging full kolesterol he..he..he… Ah.. akhirnya sampai rumah jam 21.30 malam hari, perjalanan 759 km lunas sudah.

Pos ini dipublikasikan di bayu pancoro, Liburan, My Family dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s