jump to navigation

Cylindrical Proximity Sensor Oktober 10, 2008

Posted by bayupancoro in bayu pancoro, electric, Electric fo Dummies, listrik, product.
Tags: , ,
trackback

Proximity (Inductif) Sensor banyak dipergunakan untuk peralatan control dalam industri. Sensor ini dapat menggantikan peran mechanical switch/ limit switch dengan lebih baik. Dengan sensor ini akan lebih memudahkan dalam menyusun system control.

Adapun prinsip kerja Inductif Proximity Sensor adalah mendeteksi benda yang menghantarkan medan magnet/ sejenis besi yang ada di dekatnya. Jadi bila proximity sensor yang telah terangkai dengan power supply dan beban didekatkan ke obyek besi, maka sensor tersebut akan memberikan outputan ke beban.

 

Proximity sensor mempunyai bentuk yang bermacam macam, dan yang diuraikan kali ini adalah yang berbentuk silinder/ cylindrical. Berdasarkan bentuk kepala sensornya, terdapat 2 (dua) macam yaitu Shielded/ Flush dan Unshielded/ Non-Flush. Shielded mempunyai ujung kepala sensor yang rata dengan body dan sebaliknya (untuk lebih jelas lihat pada table). Bentuk kepala sensor ini juga mempengaruhi sensitifitas sensing dari sensor, artinya perbedaan ini juga berpengaruh pada jarak sensing. Selain bentuk kepala sensor jarak sensing juga sangat tergantung dari besar kecil sensor.

 

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah jenis supply dan konfigurasi output proximity sensor. Proximity ada yang disuply dengan tegangan DC, AC atau bahkan AC/DC. Sedangkan outputnya adalah dengan 2 (dua) kabel atau 3 (tiga) kabel NPN atau PNP. Gambar wiringnya adlah sebagai berikut.

Yang saat ini paling banyak dipakai saat ini adalah merk OMRON (Brand Jepang) dan AUTONICS (Brand Korea). OMRON sudah beredar di Indonesia dan dianggap mempunyai kwalitas menengah di atas AUTONICS. Proximity OMRON memiliki type E2E/ E2E2 sedangkan AUTONICS deng type PR. Kisaran harga saat ini adalah antara 120 ribu (AUTONICS) dan 200 ribu (OMRON).

About these ads

Komentar»

1. green - November 23, 2008

kurang lengkap mas,,

trus detailn contoh aplikasi kya gmn?

trims

##
Belum bikin, ntar aja kalo ada mood di posting.

2. aris.k - Juli 9, 2012

apa perbedaannya type E2E dengan E2EZ,lebih sensitif yang mana?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: