Nasi Krawu Bu Ria

krawu-1Gresik berada di sebelah utara Surabaya dan dilintasi jalur padat pulau Jawa yaitu jalur pantai utara atau Pantura. Selain terkenal dengan wisata religinya, tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba beberapa makanan lokal, salah satu yang khas adalah Nasi Krawu.  Dulu sempat terbayangkan nasi krawu adalah nasi putih yang dicampur dengan sesuatu bisa garam atau teri goreng, kemudian di aduk aduk sampai rata sehingga sampai menyerupai rambut yang tidak kelihatan ujungnya dan dihidangkan, eh ternyata salah.

krawuGambar di samping adalah Nasi Krawu Bu Ria, berada di Jl. Jaksa Agung Soeprapto Gresik. Komposisi makanan ini terdiri dari nasi putih, daging cincang yang rasanya cenderung manis, 2 macam serundeng garing biasa dan pedas (merah), blondo dan sambal petis yang pedas dan menyengat. Mungkin dinamakan nasi krawu karena agar memperoleh rasa yang sedap harus dicampur kombinasi diatas sebelum memakannya. Rasa manis daging, gurih dari serundeng dan blondo kelapa, pedasnya serundeng merah dan menyengatnya sambal petis sampai ke puncak hidung bercampur dikepala menimbulkan sensasi yang mantab! Mungkin suatu saat akan muncul istilah “krawuholic” bagi para penggemar nasi krawu. Untuk menikmati seporsi nasi krawu ini cukup dengan 8 ribu rupiah saja. Tidak rugi rasanya jika melintas di Gresik mampir di Nasi Krawu Bu Ria ini. (Tulisan ini didedikasikan untuk P. Jono (alm).)

Pos ini dipublikasikan di bayu pancoro, kuliner, Liburan dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Nasi Krawu Bu Ria

  1. gelora berkata:

    pancene masakan kas jawa timur nggarahi ngiler opo maneh suwe ora balik ngetan kangen karo bandeng bakar & legen e cakkk suwun down load soft stater e –tk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s