jump to navigation

Resistor Brake Maret 20, 2007

Posted by bayupancoro in bayu pancoro, electric, Electric fo Dummies, Iptek, listrik.
Tags: , ,
trackback

Dynamic Brake Resistor

 

Sifat Regeneratif pada Variable Speed Drive terjadi aat VSD berusaha mengerem motor secara cepat, motor akan berubah menjadi generator. Saat putaran motor yang bebas akibat pengereman tersebut, motor akan mengeluarkan tegangan balik ke VSD. Kejadian ini akan mengakibatkan lonjakan tegangan (over voltage) jika tidak dibuang ke suatu alat. Sekitar 15% sampai 20% mampu diserap oleh VSD, dan sisanya harus disalurkan ke suatu perangkat. Solusi dari permasalahan tersebut adalah menggunakan Dynamic Brake Resistor (DB Resistor). Alat ini akan menyerap energi akibat regenerative dan diubah menjadi panas. DB Resistor bisa ditentukan dengan mengetahui parameter berikut :

 

  1. Voltage (Drive input voltage.)
  2. Drive horsepower.
  3. Braking Torque.
  4. Duty Cycle (Braking Time / Cycle Time.)
  5. Maximum braking current atau nilai minimum ohm Sesuai dengan spesifikasi VSD dari pabrik.Braking Torque biasanya ditentukan antara 100% sampai 150% dimana parameter ini akan mempengaruhi nilai resistansi DB Resistor. Braking Torque yang besar berarti, resistansi yang rendah, arus braking yang tinggi dan lebih cepat motor berhenti. Dan besar daya yang diserap resistor tergantung pada siklus kerja/ duty cycle (DC). Besaran ini dihitung dengan cara membagi durasi regenerasi dengan waktu satu siklus

 

 Contoh penghitung DB Resistor :

 

  1. Daya motor/drive wattage

Motor Wattage (MW) = Motor or Drive horse power (HP) x 746.

  1. Menghitung Daya Puncak

Peak Wattage (PW) = MW x BT BT  

Brake Torque

  • Pergunakan 1.0 for 100%
  • Pergunakan 1.5 for 150%3.
  1. Hitung resistansi yang diperlukan.

Resistance = (DC bus voltage)^2 / PW.

  1. Hitung Duty Cycle (DC)

DC = Braking Time / Cycle Time

  1. Hitung daya DB resistor : Regeneration Type: Normal Braking – – – DBrw = (PW x DC )/2
  2. Hitung arus DB resistor Bi= PW/RESISTANCE = Sqrt (472500/ 1.2)
  3. Hitung arus braking: DBi = DBrw/RESISTANCEArus Braking(Bi) adalah arus yang mengalir pada breke resistor saat duty cycle.

 

 Perhatian:Periksa spesifikasi untuk “Braking Current” atau “Peak Current” pada braking module. Nilainya harus tidak boleh mendekati perhitungan!

 

Catatan untuk tegangan DC BusUntuk :

 

  • 230 Vac drive = 350 to 400Vdc
  • 460 Vac drive = 750 to 800Vdc
  • 575 Vac drive = 925 to 975Vdc

(Disadur dari Filnor)

About these ads

Komentar»

1. Variable Speed Drive (VSD) aka. INVERTER « Bayu Pancoro’s Weblog - Juli 30, 2008

[...] mengatasi tripnya inverter dalam kondisi ini diperlukan resistor brake. Resistor brake akan membuang tegangan yang lebih dalam bentuk panas. Besar kecilnya resistor brake [...]

2. jote - Januari 7, 2009

Nice blog,,,,,,aq jg org listrik,,,,,,,,,he3,,,

3. rian - Februari 14, 2012

DC bus itu maksudnya apa mas???

4. Pengertian Atau Prinsip Kerja Inverter « - Desember 19, 2012

[...] mengatasi tripnya inverter dalam kondisi ini diperlukan resistor brake. Resistor brake akan membuang tegangan yang lebih dalam bentuk panas. Besar kecilnya resistor brake [...]

sudrajat - April 2, 2014

seperti apa bentuk resistor brake dan bagaimana cara membuangnyah,terimakasih

5. wircompressorshark - Februari 18, 2013

Jika butuh air compressor buat bengkel,industry,pengecatan,pertambangan dan lain-lain hubungi wahyu (085717511186) http://aircompressorshark.wordpress.com

6. fendi - Desember 14, 2013

Ada yang bisa bantu aq tentang inverter schneider altivar 312. Soalnya tiap abis mati listrik harus reset lagi. Bisa disetting tanpa reset??

7. sudrajat - April 2, 2014

seperti apa bentuknya resistor brike,,dan gmna cara membuang power pada inverter yg trip,,bls,ke email (ass9pc@gmail.com)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 53 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: