jump to navigation

Legenda Air Terjun Coban Rondo Februari 16, 2008

Posted by bayupancoro in bayu pancoro, Liburan, My Family, Sekitar Kita.
trackback

Dahulu kala ada sepasangan pengantin yang baru melangsungkan pernikahannya. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi yang akan menikah dengan Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmoro. Setelah 36 hari (selapan) menikah, Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk berkunjung ke Gunung Anjasmoro. Namun orang tua Dewi Anjarwati melarang karena baru “selapan” menikah. Tetapi keduanya bersikeras pergi dengan segala resiko apapun yang akan terjadi di perjalanan.

Dalam perjalanan mereka bertemu dengan Joko Lelono. Tampaknya Joko Lelono tertarik dengan kecantikan Dewi Anjarwati. Selanjutnya Joko Lelono berusaha merebut Dewi Anjarwati dari Raden Baron Kusuma. Perkelahianpun tidak dapat dihindarkan, sebelum berkelahi Raden Baron Kusuma memerintahkan para punakawan (pendamping) agar membawa Dewi Anjarwati ke suatu tempat yang ada Cobannya (air Terjun). Pertempuran antara dua orang ini berlangsung seru. Karena sama mempunyai ilmu yang sama keduanya gugur dalam perkelahian  itu.

Dengan meninggalnya Raden Baron Kusuma maka Dewi Anjarwati menjadi jandda atau “rondo” dalam bahasa Jawa. Sejak saat itulah air terjun yang ditempati Dewi Anjarwati lebih dikenal sebagai Coban Rondo. Konon batu besar yang ada dibawah air terjun itu merupakan tempat dudu sang putri.

INFORMASI COBAN RONDO

*. Air Terjun Coban Rondo memiliki ketinggian 84 meter.

*. Air Terjun Coban Rondo berada di ketinggian 1.135 meter dari permukaan laut.

*. Suhu rata-rata +/- 22 derajat Celcius.

*. Coban Rondo pertama kali dipergunakan sebagai obyek wisata pada tahun 1980.

*. Coban Rondo berada di desa Pandansari Kecamatan Pujon Kab. malang.

*. Letak Coban Rondo berada dalam wilayah KPH Perum Perhutani Malang.

*. Debit air terjun pada musim penghujan 150 liter/ detik.

*. Debit air terjun pada musim kemarau 90 liter/ detik.

About these ads

Komentar»

1. iea mutchu - Oktober 9, 2008

yaph,,w pernah kesana en foto en ada penampakan disana

## Sering sekali dapat cerita ginian, tetapi nggak pernah ngalamin sendiri. Share photonya dong ?

2. toton - Maret 31, 2009

trus dewi anjar wati nya ke mana?
mati apa jadi batu, yang jelas donk klo cerita
jangan bikin penasaran doaaaaaaaaaaaaaaaaank!!!!!!!!!!!

me - Juni 30, 2012

kalo mau tahu ceritanya coba lihat dua dunia judulnya jin bawa garam…

3. ida - Desember 4, 2009

dewi anjarwatinya kemana,apakah jadi batu atau meninggal,,,
kalau cerita sebaiknya yang jelaaaaaaaaazzzzzz!!!!!!!!!!!!!!!!

>> Saya hanya mengutip tulisan yang ada di sana. Sekiranya pingin lebih jelas ya dikunjungi aja ke sana sendiri. Trims

4. Wydha - Desember 15, 2009

low crita nich che sama ma yang di brosur……cerita yang lengkapx dooooooong!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

>> Itu sudah lengkap kok, seperti yang ada di sana. Thx

5. gabriella - Desember 20, 2009

qw sich pernah 1x ke sana n’ qw liat penampakan apakah itu dewi anjarwati ????????????????????????????? lain kali klo crita yang agk lengakap donkkkkkkkkkkkkkkk………….jangan bkin kta semua penasaran………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! n’ yg nulis crita ni nyontek dri mana????????????????????????????

>> Saya nyontek di Coban Rondo kok.

6. niezt clalu tux'a - Januari 19, 2010

q qmrn k sana?
waw,q jatuh cinta ma t4nya??????
baguz, bgt!!!!!!!!!!!!
iza tuwch’ bner.., dewi anjarwati’x kmana niew..,
ox trzan crt na g da ciw?????

7. jin kazama - Februari 19, 2010

dewi anjarwatinya kemana tuh? makan bakso pa kemana? yg jelas donk …………..

8. augusta - Maret 29, 2010

trus lanjutannya gamana??!!!yg jlazzz duuunnnkkk!!!!kok gak lengkap?

judin - Mei 7, 2012

mau tauuuu?

9. chiyYah - Juni 23, 2010

kapan y q bisa kesana lagi….
kangen nih ma coban rondo…
waktu q disana q terpesona melihat keindahannya…
hmmmb…

bdw dewi anjarwatinya kemana?
meninggal atow di culik?…

10. rahma - Oktober 11, 2010

kmaren qt2 dah pada ksana kok!!

11. ases - Desember 8, 2010

klo mo bkin crta baiknya tanya narasumber yg akurat dulu
nie kan bkn skdr legenda tp kjdian nyata ber abad2 lalu,wktu itu kita2 blom ada msh sama2 dialam MALAKUT ngerinya klu g pas nyeritain nyah, bisa jd dewi AW nye mere!!!!!!

bisa brabe BRO.. .. ..
ntar mkn qurban lagiii….. hih hih hiii

12. tiffany - Januari 26, 2011

Aku pernah baca di website lain yang juga menceritakan tentang coban rondo dan katanya konon dibawah air terjun tersebut terdapat sebuah gua yang merupakan tempat tinggal dewi anjarwati. Ada juga kemungkinan dewi anjarwati meninggal didalam gua itu.

indra - Juni 19, 2012

masak q kesana gak ada bekas galian tuh a boong ya

13. gizhworld - Februari 22, 2011

air terjunnya keren :D

>> Tulls. Pingin nyoba nyewa tenda dan nginap disana cuma waktunya belum ketemu.

14. ningsetya - April 19, 2011

da tradisi sesajen pa ga di sana?
klo da q pngen dech mengkajinya bwt dijadikan skripsi, cz q bngung mw mengkaji pa

15. diah yarsis - Juni 20, 2011

aq dl pas SD prnh jambore 5hri dsana,bagus air terjun.na tp dewi anjarwtix setelah itu kmn,kawin lg ato mati kok g jlz gt..

16. harijono - Juni 21, 2011

cukup bagus hanya legenda gunung kawi sendiri belum kami ketahui

17. apolonaris - September 8, 2011

menurut petuah bahwa untuk muda mudi yang berpacaran jgn pergi hanya berduaan di coban rondo katanya sih bakalan putus sya sendiri mengalaminya percaya atau tidak itu terserah

18. irawan setyoadi - September 9, 2011

Tempatnya sungguh indah, sejuk menyegarkan. Sangat cocok untuk refresing. Yang pernah ke sana pasti sangat berkesan. Masalah Legendanya, memang membuat pengunjung penasaran. Dewi Anjarwati dg punokawan itu terus bertapa atau pulang ke rumah orang tuanya, memang tidak jelas. Jangan-jangan terus menyamar sebagai pedagang di dalam pasar Pujon. Lho saya kok malah mikir Dewi Anjarwati.

19. nunna - November 25, 2011

aku kmrin juga ksnsa….oya tentang mitos itu benar gak ya?

20. ruly ovisetiawan - Januari 2, 2012

lnjut’n dong kisah ocg cma dkit”ehhh loe au gk trjadi’A gua maharani brow

21. Adiknya_Joko - Januari 27, 2012

Rupanya Dewi Anjarwati masih merupakan istri sah Joko Lelono sebelum menikah dengan Raden Baron Kusuma, itu sebabnya Joko Lelono tidak ragu bertarung hingga gugur setelah melihat sang istri bersama lelaki lain.

22. mblux - Februari 9, 2012

ane kesana da bolak – balik tp g pernah liat ada penampakan….
jangan2 yg liat penampakan itu ngibul doank….
karna hausinasix ndiri,,,,,

23. Elang dewa - Mei 28, 2012

Kl mnrut crta na sih emng bnr cm krang komplit…penampakn emg ada dl q wkt camping kwn q krasukn.tp smua thanks lah mo brbagi pngalaman sma yg laen na….

24. AdiknyaDewiAnjarwati - Juni 11, 2012

Mbak dewi anjarwati sebenernya masih nungguin mas baron, dia ada di dalam goa di belakang air terjun. Bagi yang ketemu silakan masuk goanya.

25. Amalia Arifiani - Juni 13, 2012

mitosnya benar. krn aku mengalaminya sendiri

26. Fadel Trivandi D (@fadeltd) - Juli 5, 2012

Itu ceritanya ada di papan nya langsung, mitos apa sih yang ada disana? yang pacaran kesana putus? sejauh ini saya liat enggak terjadi tuh, 11 Juni lalu saya kesana, saya banyak foto-foto ga ada penampakan sama sekali. terus masa Dewi nya jadi batu. Di legendanya kan jelas, batunya cuman tempat duduknya sang Dewi

27. LieElY - Oktober 20, 2012

. . .hemb loem prnah kcna. . .

28. nadya - Desember 1, 2012

kox crita ny kyax krang lengkap ea,,,,

29. Wijiyono Wijiyono - Februari 5, 2013

semua kok pada nanya anjarwati, sdhlah inti ceritanya kan asal muasal nama coban rondo, bukan dewi anjarwati, baron atopun lelono..

30. yael - Juni 5, 2013

sram….wkt dwi anjarwati duduk2 diatas batu bsar smbil mratapi nasibnya,wihhhhhhhhhhhhhh.

fitri yanti atka krm slm ma erland yg dimalang :)

31. kristina - Oktober 13, 2013

ea lgenda nxa krang lngkap

32. fitri - Oktober 16, 2013

Ada buktinya koq,aku punya fotonya,dibawah air terjun sblh kanan aku ga sengaja ngambil fotonya disn,ada bayangan seorg permpuan udh tua,kaya lg nglamun gt…

bls

33. hermansyah - Januari 5, 2014

salam kenal mas dari jambi,,kebetulan istri ku orang blitar,dulu sering lewat pujon klo dari surabaya

34. lailul fadlan - April 24, 2014

bagus sekali ya ceritanya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 51 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: